alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

Tradisi 10 Muharram, Omzet Pedagang Meningkat Puluhan Juta

Supriadi Ibrahim
Tradisi 10 Muharram, Omzet Pedagang Meningkat Puluhan Juta
Sejumlah IRT di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, menyerbu pedagang perabot rumah tangga, di Jl Soekawati, Kecamatan Tanete Riattang, Kamis (20/9/2018). Foto: Supriadi Ibrahim/SINDOnews

WATAMPONE - Sejumlah ibu rumah tangga (IRT) di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, menyerbu pedagang perabot rumah tangga, di Jalan Soekawati, Kelurahana Macege, Kecamatan Tanete Riattang, Kamis (20/9/2018).

Mereka sengaja membeli perabot rumah tangga pada 10 Muharram yang jatuh pada Kamis (20/9/2018), karena percaya bahwa tradisi membeli baskom dan beberapa perabot lain pada hari itu akan meningkatkan rezeki.

"Iya ibu-ibu Ini yang datang belanja seperti saya. Itu sudah menjadi tradisi setiap 10 Muharram, yang kami beli sesuatu yang baru, khususnya untuk alat dapur," kata Risnawat seorang ibu rumah tangga ditemui SINDONews

Selain meningkatkan rezeki keluarga, pembelian barang-barang tersebut diyakini akan memberikan berkah di bulan Muharram ini.

"Kami hanya melanjutkan tradisi dari nenek moyang kami, dengan artian membeli parabot rumah tangga tepat pada 10 Muharram itu agar kami sekeluarga mendapat rezki," pungkasnya.

Hal senada dikatakan, IRT Warni Wati Hasbi, mengaku belanja parabot rumah tangga untuk memperingati hari 10 Muharram, agar mendapat berkah.

"Tradisi seperti ini saya dapat dari orang tua dan saya teruskan sampai sekarang. Biasanya beli gayung dan pisau padahal sudah banyak di rumah, tapi namanya tradisi saya ikut aja," paparnya.

Sementara itu, salah satu pedagang peralatan rumah tangga, Ramla, mengatakan, berkat tradisi belanja produk peralatan rumah tangga setiap memperingati 10 Muharram, dirinya meraup omzet yang cukup besar.

Khusus hari ini, kata dia stok dagangannya sangat laris manis omzetnya tembus puluhan juta rupiah.

"Sejak tokoh saya buka warga sudah berdatangan hingga sore ini kita lihat saja masyarakat masih banyak diluar yang berburu peralatan rumah tangga. Ini setiap tahun memasuki hari 10 Muharram," ucapnya.



(kem)

Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads