alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Serangan Bersenjata di Iran Tewaskan Beberapa Orang

Kurniawan Eka Mulyana
Serangan Bersenjata di Iran Tewaskan Beberapa Orang
ILUSTRASI MAYAT. Beberapa tewas dan 20 terluka ketika orang-orang bersenjata melepaskan tembakan selama parade militer di kota Ahvaz, Iran barat daya, Sabtu (22/9/2018). Foto: Ilustrasi/SINDOnews

DUBAI - Beberapa orang tewas dan sedikitnya 20 orang terluka ketika orang-orang bersenjata yang tidak dikenal melepaskan tembakan selama parade militer di kota Ahvaz, Iran barat daya, Sabtu (22/9/2018).

Televisi negara setempat mengatakan serangan itu menargetkan sebuah stan di mana para pejabat berkumpul untuk menyaksikan acara tahunan, memperingati dimulainya perang tahun 1980-1988 negara itu dengan Irak.

Iran mengadakan pawai serupa di beberapa kota termasuk ibukota Teheran dan pelabuhan Bandar Abbas di Teluk.

“Pengambilan gambar dimulai oleh beberapa pria bersenjata dari belakang stan selama pawai. Ada beberapa yang tewas dan terluka, ”kata seorang koresponden pada televisi pemerintah, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (22/9/2018).

Kantor berita semi-resmi Mehr mengatakan, penembakan lebih lanjut terjadi karena beberapa penyerang yang berhasil melarikan diri dikejar.

Televisi negara menyalahkan "elemen takfiri", referensi untuk militan Sunni, untuk serangan itu. Ahvaz berada di pusat provinsi Khuzestan, yang telah menjadi tempat protes sporadis oleh minoritas Arab Iran.

Seorang juru bicara yang tidak disebutkan namanya untuk Garda Revolusi menyalahkan nasionalis Arab, yang katanya didukung oleh Arab Saudi, kantor berita semi resmi ISNA melaporkan.

Ketegangan antara rival tradisional Iran dan Arab Saudi telah melonjak dalam beberapa tahun terakhir, dengan kedua negara mendukung pihak yang berseberangan dalam perang di Suriah dan Yaman dan menyaingi partai-partai politik di Irak dan Lebanon.



(kem)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads