Ranting Kayu Pemberian Rasulullah Berubah Menjadi Pedang atas Kuasa Allah SWT

Sabtu, 02 Mei 2020 - 00:58 WIB
loading...
Ranting Kayu Pemberian Rasulullah Berubah Menjadi Pedang atas Kuasa Allah SWT
Pedang yang diberi nama Al Aun itupun menjadi pedang yang selalu menemani Ukasyah dalam berbagai perang setelah Perang Badar. Foto : Ilustrasi/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Kamu pernah mendengar kisah mukjizat rating kayu? Kisah ini mungkin kamu dengar dari ayah dan ibumu saat mengajarkanmu sifat dan keteladanan para Nabi sebagai utusan Allah SWT.

Kisah yang ini dikutip dari berbagai sumber ini menggambaran sejumlah kejadian luas biasa yang Allah berikan kepada Rasulullah Muhamma SAW sebagai bukti status kenabian.

Kala itu perang Badar pecah pada 17 Ramadan 2 H, umat muslim yang berjumlah 300 orang melawan kaum kafir yang berjumlah ribuan orang.

Dalam Perang Badar itu, seoorang pahlawan Islam bernama Ukasyah bin Mihshan bin Harsan Al-Asadi, bertempur habis-habisan sampai pedangnya patah. Melihat kejadian itu, Nabi Muhammad menghampirinya dan memberikan pengganti pedangnya yang patah dengan sepotong ranting kayu.

Namun, atas kuasa Allah SWT, setelah Rasulullah menggerakkan ranting kayu itu tiba-tiba berubah menjadi pedang panjang dan kuat. Lalu Ukasyah pun melanjutkan bertempur dengan mukjizat pedang pemberian Rasulullah, hingga kaum Muslim memperoleh kemenangan.

Pedang yang diberi nama “Al Aun” itupun menjadi pedang yang selalu menemani Ukasyah dalam berbagai perang setelah Perang Badar. Salah satunya Ukasyah menggunakan pedang dari ranting pemberian Nabi Muhammad SAW pada menjemput syahidnya di Perang Riddah.

Kemudian, mukjizat lain yang terjadi di perang badar para malaikat ikut terjun ke Perang Badar. Allah SWT menurunkan malaikat dari langit dengan mengenakan tanda di kepala. Panglima para malaikat kala itu adalah malaikat Jibril, sedangkan panglima tentara perang Muslim Nabi Muhammad SAW.

Salah seorang pasukan muslim menuturkan, "Pada hari berkecamuknya Perang Badar, aku mendengar malaikat yang mengenakan sorban berwarna putih berseru 'Majulah Haizum!' (Ibnu al Atsir menerangkan dalam an Nihayah bahwa Haizum adalah nama kuda malaikat Jibril).

Allah SWT berfirman, “(Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu, ‘SesungguhnyaAku akan mendatangkan bala bantuan kepadamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut,” (QS. Al-Anfal [8]: 9).

Baca Juga : Haizum Nama Kuda Perang Milik Malaikat Jibril, Hadiah dari Allah SWT
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1323 seconds (0.1#10.140)