Bandara Toraja Siap Beroperasi Akhir Bulan Ini : Penerbangan 4 Kali Seminggu, Hanya 45 Menit

Selasa, 25 Agustus 2020 - 06:00 WIB
loading...
Bandara Toraja Siap Beroperasi Akhir Bulan Ini : Penerbangan 4 Kali Seminggu, Hanya 45 Menit
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah meninjau kesiapan Bandara Udara Buntu Kunik di Kabupaten Tana Toraja, Senin (24/8/2020). Bandara ini rencananya mulai melayani penerbangan reguler akhir Agustus mendatang. Bahkan diagendakan diresmikan langsung Presiden Jo
A A A
TANA TORAJA - Bandara Buntu Kunik di Kabupaten Tana Toraja direncanakan mulai melayani penerbangan reguler rute Makassar-Toraja akhir Agustus mendatang. Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah turun langsung memantau kesiapan pengoperasian bandara tersebut, kemarin.

Dalam kunjungannya, Nurdin Abdullah disambut langsung Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae . Turut mendampingi gubernur ke Tana Toraja, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulsel , Rudy Djamaluddin. Baca : Sukses Uji Terbang, Pesawat Wings Air Jenis ATR 72 Mendarat Mulus di Bandara Toraja

Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah mengemukakan, kehadiran Bandara Buntu Kunik berkat sinergi antara pemerintah daerah dengan pusat. Kolaborasi antara pemerintah pusat, provinsi, hingga kabupaten setempat membuat pembangunannya berjalan dengan baik.

"Saya kira ini bentuk sinergitas yang kita bangun. Pertama hadir pemerintah kabupaten menyiapkan lahan, pemerintah provinsi membuat jalan akses menuju bandara. Terus Menteri Perhubungan membangun bandara, baik landasan maupun terminal," sebut Nurdin.

Dia melanjutkan, hadirnya bandara di Kabupaten Tana Toraja ini akan mendekatkan masyarakat pada pelayanan transportasi. Apalagi Toraja yang dikenal sebagai daerah tujuan wisata andalan di Sulsel, tentu akan berdampak pada kunjungan wisatawan.

"Toraja tidak jauh lagi. Dulunya, Toraja hanya bisa ditempuh melalui jalur darat dengan lama perjalanan 8-10 jam dari Makassar. Dengan beroperasinya Toraja Airport, sekarang jarak Makassar-Toraja hanya 45 menit," tambahnya.

Kemudahan akses ini dianggap akan memacu pertumbuhan ekonomi di sektor pariwisata. Kunjungan wisatawan baik domestik hingga mancanegera, akan meningkat. "Itu pasti akan ada pengaruh besar, akan banyak wisatawan ke Toraja. Karena itu memperpendek waktu tempuh," tegas dia.

Dikatakan Nurdin, bandara ini menjadi legacy bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Menteri Perhubungan. Makaitu, Bandara Buntu Kunik yang terletak di Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja diagendakan akan diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi. Baca Juga : Bandara Buntu Kunik Disepakati Berubah Nama Jadi Toraja Airport

Tidak hanya meresmikan bandara, Presiden Jokowi juga akan menginap di Toraja. "Toraja Airport akan diresmikan oleh Bapak Presiden Jokowi. Beliau juga berjanji akan menginap di Toraja," imbuh Nurdin. Hanya saja untuk jadwal peresmiannya oleh presiden masih dibicarakan lebih lanjut. Sampai bandara tersebut resmi difungsionalkan, pembenahan masih perlu dilakukan.

Untuk itu, Nurdin turut menyerahkan bantuan anggaran sebesar Rp32 miliar untuk kelanjutan pembangunan jalan akses masuk ke bandara. Disamping itu, pemerintah setempat membenahi akses ke lokasi wisata. "Kita berharap, nantinya ada penerbangan setiap hari di Toraja Airport," harap dia.

Jika tidak ada aral melintang, penerbangan rute Makassar-Toraja akan dimulai 28 Agustus 2020. Maskapai Wings Air merencanakan melayani empat kali penerbangan dalam seminggu. "Penerbangan itu dari Makassar ke Toraja empat kali seminggu dengan pesawat ATR-72," pungkas Nurdin.

Diketahui, Pesawat Kalibrasi Hawker 900 XP milik Kementerian Perhubungan telah melakukan uji coba runway atau landasan pacu, pada Rabu (12/08/2020) lalu. Menyusul kemudian, Maskapai Wings Air telah menguji coba rute penerbangan rute Makassar-Tana Toraja. Baca Lagi : Respons Nurdin Abdullah Jadi Salah Satu Gubernur Terbaik Tangani COVID-19

Pesawat ATR 72-600 yang terbang dari Bandara Sultan Hasanuddin mendarat dengan selamat tiba di Bandara Buntu Kunik untuk pertama kalinya, Kamis (20/08/2020) lalu. Dalam waktu dekat, maskapai ini kembali melayani penerbangan reguler penumpang pulang-pergi untuk rute Makassar-Toraja akhir Agustus ini.

Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae yang menyambut kedatangan Gubernur Nurdin Abdullah di Toraja Airport mengatakan pemerintah dan masyarakat Toraja bangga dengan hadirnya Toraja Airport. Dia meyakini, Bandara Udara Buntu Kunik dapat memajukan pariwisata Toraja.
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1239 seconds (0.1#10.140)