Pawai Obor Hingga Zikir Akbar Warnai Tahun Baru Hijriyah di Pangkep

Senin, 24 Agustus 2020 - 23:03 WIB
loading...
Pawai Obor Hingga Zikir Akbar Warnai Tahun Baru Hijriyah di Pangkep
Peringatan 1 Muharram 1442 Hijriyah di Kabupaten Pangkep. Foto: Istimewa
A A A
PANGKEP - Beragam kegiatan digelar warga untuk peringatan tahun baru Hijriyah yang jatuh setiap tanggal 1 Muharram. Tahun ini tanggal 1 Muharram 1442 jatuh pada 19 Agustus lalu.

Seperti yang dilakukan Pemerintah Desa Mattiro Matae yang menggelar kegiatan zikir akbar, pawai obor dengan berkeliling pulau Gondong Bali, jalan santai pada pagi hari serta sejumlah permainan. Tujuannya untuk mengingatkan warga tentang mulianya bulan Muharram dan sekaligus menghibur warga desa.



Kepala Desa Mattiro Matae, Rizal Idris mengatakan, peringatan 1 Muharram ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sebab, zikir akbar yang digelar serta pawai obor ini baru pertama kali dilakukan di desa tersebut.

“Tujuannya jelas, untuk meningkatkan ketakwaan masyarakat kepada Allah SWT. Warga bisa mengaplikasikan ajaran agama Islam ,” katanya, Senin (24/8/2020).

Dia menambahkan, pemerintah desa saat ini fokus membangun karakter masyarakat. Tentunya dengan kegiatan islami.

“Semoga ada manfaat yang warga dapatkan, baik memetik ilmu dari ceramah yang disampaikan ustadz Rahmatullah asal Ponpes Mangkoso, serta membuat desa mendampatkan berkah dari kegiatan ini,” katanya.

Rizal pun mengakui bahwa, pelaksanaan ini masih jauh dari kata sempurna. Meski begitu, pada gelaran ini warga tampak bahagiah mengikuti rangkaian acara. Bahkan banyak warga desa yang dominan berprofesi sebgai nelayan memutuskan untuk istirahat guna mengikuti zikir akbar dan pawai obor.

Seperti yang diungkapkan warga RT 2, Pulau Gondong Bali, Kamran, dirinya memutuskan untuk cuti melaut selama sehari hanya untuk mengikuti pawai obor tersebut. Dia juga ingin fokus mengikuti zikir Akbar yang digelar pemerintah desa sebagai peringatan 1 Muharram.

“Alhamdulillah kegiatan ini bisa digelar. Saya sebagai warga merasa bersyukur karena kegiatan ini bisa digelar dan merupakan pertama kalinya,” kata dia.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7015 seconds (0.1#10.140)