alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ini Daerah Rawan Konflik Pilpres Versi Bawaslu, 2 Daerah Bahkan Zona Merah

Luqman Zainuddin
Ini Daerah Rawan Konflik Pilpres Versi Bawaslu, 2 Daerah Bahkan Zona Merah
Komisioner Divisi Pengawasan Partisipatif Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad. Foto : Luqman Zainuddin/SINDOnews

MAKASSAR - Badan pengawas pemilu (Bawaslu) RI telah mencatat beberapa daerah yang diprediksi rawan konflik saat Pemilihan Calon Legislatif (Pilcaleg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Salah satu daerah rawan tersebut adalah Sulsel.

"Dari empat dimensi tersebut, dipecah lagi dalam 16 sub-dimensi. Untuk konteks Sulsel, dimensi tentu mesti dilihat dari karakteristik masing-masing kabupaten/kota yang mempengaruhi indeks kerawanan di tingkat provinsi," ungkap Komisioner Divisi Pengawasan Partisipatif Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad kepada SINDOnews, Rabu (26/09/2018).

Saiful menjelaskan dalam konteks Sulsel, ada kabupaten yang dianggap tinggi dari aspek penyelenggaraan pemilu yang bebas dan adil, ada juga tinggi dilihat dari aspek kontestasi. Sedikitnya, ada dua kabupaten/kota di Sulsel yang paling tinggi kerawanannya, yakni Tana Toraja dan kota Palopo.



Data yang diperlihatkan Saiful, baik Toraja Utara maupun Palopo secara nasional juga masuk dalam kerawanan penyelenggaraan pemilu yang bebas dan adil. Dimana Tana Toraja menempati peringkat ke 9 dengan tingkat kerawanan mencapai angka 70.72. Sementara di Palopo, diangka 69.8.

Pada dimensi lain, Palopo juga masuk dalam kerawanan kontestasi. Menurut Syaiful, indeks kerawanan sebuah daerah ditentukan dari pengalaman pelaksanaan Pilkada maupun Pemilu di daerah tersebut. Tana Toraja misalnya, lanjut Saiful, kerap terjadi kasus pada penyelenggara Pemilu seelumnya.

"Kalau di kota Palopo itu kan, beberpa kali rusuh karena persaingan antar peserta Pemilu. Kontestasi tinggi, artinya persaingan yang cukup tinggi," terang Saiful.

Selain Sulsel, 14 daerah lain yang juga memiliki tingkat kerawanan di atas rata-rata nasional, yaitu Papua Barat, Papua, Maluku Utara, Aceh, Sulawesi Tenggara, Lampung, Maluku, Sumatera Barat, Jambi, Yogyakarta, NTB, NTT, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook