Adnan-Kio Mulai Cuti Pilkada 23 September

Jum'at, 28 Agustus 2020 - 17:52 WIB
loading...
Adnan-Kio Mulai Cuti Pilkada 23 September
Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Malaganni Kr Kio. Foto: SINDOnews/Najmi Limonu
A A A
SUNGGUMINASA - Pasangan petahana, Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Malaganni Kr Kio bakal mengajukan cuti setelah memastikan diri akan maju di pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Gowa 2020 .

Sejauh ini, pasangan yang dikenal dengan sebutan Adnan-Kio itu telah menerima surat dukungan format KPU, B1-KWK dari tujuh partai politik yang akan dilampirkan sebagai syarat saat melakukan pendaftaran bakal pasangan calon di KPU Gowa .



Adnan mengatakan, sesuai dengan tahapan KPU, cuti nanti dilaksanakan setelah penetapan pasangan calon. Sementara penetapan calon sesuai dengan jadwal yang ada di PKPU, tanggal 23 September.

"Jadi satu minggu sebelum tanggal 23 September itu, maka saya sama pak Abdul Rauf Mallaganni akan mengajukan cuti. Tapi cuti sahnya secara automatis sesuai dengan tahapan yang ada, saat setelah penetapan pasangan calon," ungkapnya.

Dia menjelaskan, pada tanggal 24 September mendatang, sudah masuk pencabutan dan pengundian nomor urut. Di mana setelah pengundian nomor urut, sehari setelah itu dilanjutkan masa kampanye sampai tanggal 5 Desember.

"Saya akan cuti hingga akhir masa kampanye. Setelah masa kampanye berakhir, saya akan kembali aktif," jelasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Gowa Muhtar Muis mengatakan, bila nanti ada kandidat petahana baik bupati maupun wakil bupati aktif yang ikut mendaftar lalu ditetapkan calon oleh KPU, maka mereka wajib menjalani cuti selama masa kampanye berlangsung.



Sehingga kata dia, jika ada bupati atau wakil bupati yang akan maju dalam pilkada yang akan berlangsung Desember mendatang, maka keduanya harus menjalani cuti di luar tanggungan negara.

"Dalam PKPU pencalonan diatur bagi calon petahana yang mendaftar pada daerahnya sendiri diharuskan membuat surat pernyataan tertulis bersedia cuti di luar tanggungan negara selama masa kampanye," tandasnya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2254 seconds (0.1#10.140)