alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Mentan RI Bakal Bakal Ganti Kerusakan Lahan Pertanian

Syachrul Arsyad
Mentan RI Bakal Bakal Ganti Kerusakan Lahan Pertanian
Menteri Pertanian RI, Amran Sulaiman. Foto : Istimewa

MAKASSAR - Menteri Pertanian (Mentan) RI, Amran Sulaiman mencanangkan bakal mengganti kerusakan lahan pertanian akibat gempa Palu, Donggala, dan Sigi di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Disebutkan Amran, khusus lahan pertanian, sebutnya, Kementerian Pertanian akan mengganggarkan untuk lahan yang rusak. Di antaranya berupa tanaman pangan, perkebunan dan holtikultra.

"Kami sudah siapkan bibit untuk dialihkan ke Palu. kalau ada tanaman kakao, cengkeh yang rusak, insya Allah kami siapkan bantuan bibit dan pupuknya," ujar Amran usai pelepasan bantuan logistik ke Sulteng, di Lapangan Hasanuddin Makassar, Kamis (4/10/2018).



Amran menambahkan, untuk penanganan pasca-gempa, Kementerian Pertanian terus berkoordinasi dengan Gubernur dan Bupati/Wali Kota, baik di Sulsel dan Sulteng. Demikian juga untuk langkah penanganan traumatik.

"Kami koordinasi sejak terjadi gempa agar membantu saudara saudara yang ada di Palu," ujarnya.

Amran, melanjutkan, Kementerian Pertanian sudah dua kali mengkoordinasikan ajakan donasi bantuan bencana. Pertama gempa di Lombok (NTB) senilai Rp20 miliar, lalu Palu (Sulteng) Rp25 miliar.

Khusus anggaran Rp25 miliar tersebut dikemas dalam bentuk logistik sebanyak 500 truk. Logistik tersebut, berupa, beras, mie instan, minyak goreng, gula, susu dan makanan bayi, perlengkapan pakaian, sabun dan lainnya.

Bantuan sukarela ini terkumpul dari Sahabat Kementan dan Mitra Pertanian Rp4,8 miliar, Pemprov Sulsel, pengusaha, perbankan, dan ormas Rp6,2 miliar, Pemkot Makassar sebanyak senilai Rp 2,5 miliar dan Rakyat Indonesia Rp7 miliar serta sumbangan masyarakat Sulsel.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads