alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Korban Gempa Pindah Sekolah, Mendikbud Sebut Tak Ada Syarat Khusus

Kurniawan Eka Mulyana
Korban Gempa Pindah Sekolah, Mendikbud Sebut Tak Ada Syarat Khusus
Mendikbud RI, Muhajjir Effendy, menginstruksikan pada semua sekolah di Indonesia untuk menerima siswa pengungsi korban gempa yang terjadi di Sulawesi Tengah. Foto: Kurniawan Eka Mulyana/SINDOnews

MAKASSAR - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Muhajjir Effendy, menginstruksikan pada semua sekolah di Indonesia untuk menerima siswa pengungsi korban gempa yang terjadi di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Untuk kebutuhan dan sarana belajar mengajar, Muhajjir memerintahkan dinas pendidikan setempat mengucurkan bantuan. Jika dinas pendidikan setempat tidak bisa, barulah Kemendikbud yang akan turun tangan.

"Kalau nanti dinas setempat tidak bisa, kita bisa turunkan dari kemendikbud untuk beri bantuan. Bahkan termasuk untuk mereka yang telah memutuskan untuk pindah permanen, harus dilayani. Intinya semua anak harus belajar, tidak boleh tertunda karena bencana ini," paparnya saat ditemui di salah satu rumah makan di Makassar, Jumat (5/10/2018) malam.



Bahkan menurutnya tidak ada syarat khusus bagi siswa pengungsi untuk bisa diterima bersekolah di daerah lain.

Mereka hanya perlu melapor ke sekolah. Nanti sekolah yang akan melaporkannya pada dinas pendidikan setempat. Karena siswa itu sudah terdata dalam dapodik di sekolahnya masing-masing, sehingga otomatis akan muncul di dapodik kementerian.

"Tinggal beri catatan bahwa sementara posisinya di sekolah mana. Tidak harus di Makassar, di mana saja. bahkan sekolah swasta seperti Muhammadiyah sudah menyatakan akan menampung siswa dari daerah bencana," pungkasnya.



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook