alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kemendikbud Segera Buat Tenda Sekolah Darurat Berstandar UNICEF

Kurniawan Eka Mulyana
Kemendikbud Segera Buat Tenda Sekolah Darurat Berstandar UNICEF
MUHADJIR EFFENDY. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI segera membangun sekolah darurat di lokasi gempa bumi dan tsunami, di Provinsi Sulawesi Tengah. Foto: Kurniawan Eka Mulyana/SINDOnews

MAKASSAR - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI segera membangun sekolah darurat di lokasi gempa bumi dan tsunami, di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Muhadjir Effendy, mengatakan sekolah darurat tersebut ada dua macam, yakni bisa berupa tenda yang dilengkapi dengan peralatan belajar mengajar, dan bisa dibangun dari sisa puing bangunan di lokasi gempa.

Menurutnya untuk sekolah darurat yang berupa tenda, pihaknya sudah memiliki model, seperti yang dibuat untuk korban gempa bumi di Nusa Tenggara Barat (NTB) beberapa waktu lalu.



"Kita upayakan segera ada kelas darurat di lokasi gempa, bisa berupa tenda, yang saat ini sudah dimiliki kemendikbud, menggunakan standar unicef. Kalau terbatas kita akan buat sekolah darurat yang bisa menampung siswa dan modelnya sudah ada, seperti yang kita lakukan di NTB kemarin," jelasnya saat ditemui di Makassar tadi malam.

Sedangkan untuk sekolah darurat yang terbuat dari puing-puing bangunan, pihaknya menyiapkan anggaran sebesar Rp30 juta untuk satu sekolah.

"Sudah kita siapkan anggaran dari Kemendikbud sebesar Rp30 juta. Sudah ada modelnya, di Sumbawa dengan Rp30 juta sudah bisa 6 kelas. bahannya tidak beli, hanya atapnya terpal dari Jakarta. Itu bisa bertahan sampai 1 tahun," tegasnya.

Selain kedua model yang dibangun oleh Kemendikbud, menurut Muhajjir akan ada juga sekolah darurat yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sesudah itu baru akan dibangun sekolah permanen.



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook