Kabar Baik! 7 Pasien Covid-19 di RS Bhayangkara Makassar Sembuh

Sabtu, 02 Mei 2020 - 21:00 WIB
loading...
Kabar Baik! 7 Pasien Covid-19 di RS Bhayangkara Makassar Sembuh
Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Makassar, Kombes Pol Dr Farid Amansyah. Foto/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Makassar, Kombes Pol Dr Farid Amansyah, menyampaikan kabar gembira terkait kasus virus corona alias covid-19 yang ditangani pihaknya. Sebanyak tujuh dari 17 pasien positif corona yang ditangani rumah sakit kepolisian itu dinyatakan sudah sembuh.

RSUD Bhayangkara Makassar sendiri sejauh ini selain merawat 17 pasien positif corona juga menangani 391 orang dengan status ODP dan 102 orang dengan status PDP. Farid menyampaikan angka kesembuhan kasus covid-19 di RS Bhayangkara Makassar sejauh ini mencapai 41,18 persen.

"Saat ini tujuh pasien lain masih dirawat. Kemudian ada dua orang yang meninggal dunia dan satu pasien dirujuk ke Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo," terang Farid, dalam keterangan persnya kepada SINDOnews, Sabtu (2/5/2020).

Baca Juga: Sembuh, Pasien Covid-19 Pertama Pangkep Disambut Haru Keluarga

Farid juga menjelaskan pihaknya memberlakukan kewaspadaan universal terhadap covid-19. Salah satu metodenya yakni dengan melakukan foto thorax (foto paru) dan CT scan paru bagi yang memiliki foto dada normal.

Rumah sakit, lanjut Farid juga membedakan area hijau dan area merah. Dengan begitu, kontaminasi pasien covid-19 dan non-covid-19 dapat terhindarkan.

Rumah Sakit Bhayangkara Makassar sendiri memiliki 54 ruang isolasi bertekanan negatif mekanik (exhausted) untuk digunakan merawat ODP, PDP dan pasien positif. Di antara 54 kamar ini, ada 12 kamar untuk perawatan VIP.



Lebih jauh, ia mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi anjuran pemerintah guna menekan penyebaran virus mematikan ini. Caranya dengan senantiasa cuci tangan dengan sabun, memakai masker untuk semua orang serta menjaga jarak aman dan mentaati aturan.

"PSBB demi kebaikan kita semua. Kalau aturan aturan PSBB diterapkan dan dipatuhi masyarakat, Insha Allah tidak lama kita akan keluar dari pandemi global ini," tutup dia.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1267 seconds (0.1#10.140)