alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gencar Razia THM, Polda Sulsel Incar Bandar Narkoba

Syachrul Arsyad
Gencar Razia THM, Polda Sulsel Incar Bandar Narkoba
Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Polda Sulsel melalui Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) terus gencar melaksanakan razia narkoba di tempat hiburan malam (THM) di Kota Makassar.

Direktur Narkoba Polda Sulsel Kombes Pol Hermawan kemarin menjelaskan, pelaksanaan razia di THM digelar tiap Sabtu malam, atau malam Minggu.

Momen pelaksanaannya di tiap waktu tersebut mengingat banyak anak muda yang berkumpul saat sedang bermalam Minggu.
"Kita melaksanakan di tempat hiburan. Kita mau mengarah bukan tujuannya kepada pengguna,” jelasnya.

Menurut dia, tujuannya razia mengarah kepada bandar dan pengedar. “Kalau pengguna kan korban ya dari lingkungannya. Kegiatan ini otomatis mau melindungi orang dari penggunaan narkoba," sebut dia.

Sebelumnya Hermawan menuturkan, razia ini sudah digelar pekan lalu, yakni di empat tempat, di antaranya di Zona Cafe, Publiq, One Up, dan Barcode.

Saat menggelar razia di tempat tersebut, dia mengungkap masih banyak anak-anak yang bahkan sudah dipersilahkan masuk di tempat seperti itu.

Padahal, menurut dia, saat ini banyak tempat yang berubah jadi model diskotik sehingga mereka rawan terpengaruh dan terjerumus ke hal-hal yang buruk.

Dia pun mengeluhkan masih banyak penanggung jawab tempat hiburan yang tidak membatasi anak-anak untuk ikut di tempat hiburan malam.

Padahal, kata dia, banyak usia remaja yang bahkan sudah mabuk-mabukkan di lokasi saat digelarnya razia.

Menindaki hal tersebut, kedepannya dia akan berencana berkoordinasi dengan Wali Kota Makassar untuk menindaki THM. Mereka yang mempersilakan anak di bawah umur masuk, agar diberi ditindak tegas dan diberi sanksi.

“Kedepannya saya mau koordinasi dengan walik kota agar diberi warning kepada tenpat hiburan; barangsiapa yang memasukkan anak di bawah umur diberikan sanksi apalah gitu. Itu yang kami temukan anak-anak kecil mabuk. Anak-anak SMA," tegas dia.

Dilanjutkan, selain menggelar razia pihaknya juga sekaligus memberikan sosialisasi bahaya narkoba kepada pengunjung.

Bahkan mewanti-wanti bakal mendapatkan resiko hukum yang akan didapatkan jika terbukti menyalahgunakan obat-obat terlarang.

Kegiatan serupa nanti tidak hanya digelar di THM saja, termasuk di sekolah bahkan perguruan tinggi. Tempat para generasi muda yang selama ini dianggap rentan terjerumus obat terlarang.

“Ini rutin akan kita gelar. Tujuannya untuk menciptakan situasi kantibmas yang kondusif. Kedua meminimalkan peredaran narkoba di tempat hiburan. Kegiatan ini sebagai upaya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat," pungkasnya.

Dia berharap, dengan digelarnya razia secara rutin, bisa meminimalkan leredaran narkoba di Kota Makassar. "Dengan razia kan artinya mereka ada rasa khawatir nanti takutnya dirazia mendadak lagi," sambung dia.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads