Rencana Disdik Sulsel : Pejabat Kasek Tingkat SMA/SMK akan Diseleksi

Rabu, 02 September 2020 - 07:30 WIB
loading...
Rencana Disdik Sulsel : Pejabat Kasek Tingkat SMA/SMK akan Diseleksi
Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel merencanakan melakukan seleksi pengangkatan kepala sekolah (kasek) untuk jenjang SMA/SMK se-Sulsel. Foto : SINDOnews/Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel merencanakan melakukan seleksi pengangkatan kepala sekolah (kasek) untuk jenjang SMA/SMK se-Sulsel. Dewan Pendidikan Sulsel bakal dilibatkan sebagai salah satu tim seleksi rekrutmen tersebut. Baca : Nurdin Minta Disdik Evaluasi Penempatan Guru: Terutama di Wilayah Kepulauan

Rencana ini mengemuka saat Dewan Pendidikan Sulsel bertemu bersama Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel bersama Kepala Disdik Sulsel di kantor Gubernur Sulsel , kemarin. Dalam pertemuan itu dibahas terkait evaluasi pencapaian pembangunan Sulsel di sektor pendidikan.

"Jadi pengangkatan kepala sekolah kan itu ada perencanaan untuk seleksi. Kita harapkan seleksi kepala sekolah bisa berjalan secara objektif dan dibuat dengan memperhatikan kompetensi kepala sekolah dari segi kepemimpinan," ungkap Ketua Dewan Pendidikan Sulsel, Adi Suryadi Culla kepada SINDOnews.

Menurut dia, kasek mempunyai peran strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan di tiap sekolah. Jika seorang kasek punya leadership dsn kompetensi yang kuat, maka percepatan peningkatan layanan pendidikan bisa dilakukan.

"Selama inikan tantangan di sektor pendidikan itu samgat ditentukan kepemimpinan kepala sekolah. Untuk mendapatkan kepemimpinan kepala sekolah yang bermutu dan kuat sangat ditentukan melalui proses seleksi yang objektif, bukan didasari oleh kepentingan politik praktis," urai dia.

Adi mengatakan, seleksi pengangkatan kasek inipun sementara digodok perencanaannya oleh Disdik Sulsel . Rencananya akan dibentuk tim independen yang salah satunya melibatkan Dewan Pendidikan dalam proses seleksi.

"Kita mendukung. Sebenarnya ini inisiatif yang muncul bahwa ada perencanaan untuk ada tim independen dalam seleksi. Dengan melibatkan dewan pendidikan dan juga pihak lain yang menjadi mitra. Tapi saya belum tahu selain dewan pendidikan yang dilibatkan nanti," papar Adi.

Meski begitu, dia berharap proses seleksi pengangkatan kasek ini kedepannya bisa menghasilkan pemimpin sekolah yang berkompeten. Sosok yang mampu melakukan pembenahan dan mengakselerasi pencapaian target pembangunan pendidikan.

"Kita harapkan ini nanti bisa berjalan lancar. Tanpa terganggu oleh kemungkinan terjadinya tarik-menarik kepentingan yang bisa saja muncul dalam proses seleksi," tegas Adi. Baca Juga : Dekan Psikologi UNM Dilantik Jadi Kepala Disdik Sulsel

Sementara Kepala Disdik Sulsel, Muhammad Jufri belum mau berkomentar banyak terkait rencana tersebut. Kendati begitu, dia membenarkan adanya evaluasi kompetensi dan rekrutmen kasek di Sulsel. "Rencana seperti itu," kata Jufri.

Dia melanjutkan, keputusan ini belum final dan masih dalam tahap persiapan agar prosesnya lebih matang. Baca Lagi : Pertama di Indonesia, Aplikasi Belajar Gratis Kini Ada di Sulsel
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1423 seconds (0.1#10.140)