alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pesawat Luar Angkasa Mendarat Darurat, 2 Astronot Rusia Selamat

Agus Nyomba
Pesawat Luar Angkasa Mendarat Darurat, 2 Astronot Rusia Selamat
Dua Astronot Rusia selamat setelah pesawat luar agkasa roket Soyuz mendarat darurat. Foto: Istimewa

MOSKOW - Dua awak sebuah roket Soyuz pesawat luar angkasa berhasil mendarat darurat, menyusul kegagalan roket pendorong Rusia yang membawa mereka ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Roscosmos, sebuah perusahaan negara Rusia, dan NASA pada Kamis mengatakan, roket pendorong Soyuz tiga-tahap, yang mendorong kapsul pendaratan mereka, mengalami penutupan darurat tahap kedua.

Kapsul itu dibuang dari booster dan menjadi turunan balistik, mendarat di sudut yang lebih tajam dari biasanya dan menundukkan kru ke gaya gravitasi berat.

NASA mengatakan, bahwa tim penyelamat telah mencapai Nick Hague dan Roscosmos Alexei Ovchinin dan mereka telah dikeluarkan dari kapsul dan dalam kondisi baik.

Kapsul itu mendarat sekitar 20 km (12 mil) timur Dzhezkazgan di Kazakhstan.

"Alhamdulillah, para kru masih hidup," kata juru bicara Presiden Rusia Vladimir Putin, Dmitry Peskov dilansir dari Al Jazeera saat para kru telah mendarat dengan selamat.

Mantan pilot militer itu dimaksudkan untuk bergabung dengan Alexander Gerst dari European Space Agency, NASA Serena Aunon-Chancellor dan Roscosmos Sergey Prokopyev di ISS setelah penerbangan enam jam.



(agn)

Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads