alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Polisi Ringkus Penipu Berkedok Donasi untuk Gempa Sulteng

Syachrul Arsyad
Polisi Ringkus Penipu Berkedok Donasi untuk Gempa Sulteng
Satreskrim Polrestabes Makassar merilis tersangka penipu online Berkedok Donasi untuk korban Gempa Sulteng. Foto: Muchtamir Zaide/SINDOnews

MAKASSAR - Satuan Reserse Kriminal (Satreskim) Polrestabes Makassar, berhasil menangkap pelaku kasus penipuan online berkedok meminta sumbangan mengaku keluarga korban dari bencana alam yang terjadi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Berdasarkan penyelidikan dari Patroli Cyber Satreskrim Polrestabes Makassar, pelaku berinisial LR alias MR (41) berhasil diringkus di kediamannya di Amparita, Kabupaten Sidrap, Selasa (9/10/2018) lalu. Pihak kepolisian mengamankan barang bukti berupa, beberapa unit handphone (HP) beserta sim card, laptop, modem, dan buku tabungan, kartu debit bank.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Makassar Kompol Wirdhanto Hadicaksono menjelaskan, penyelidikan ini bermula berdasarkan laporan masyarakat terkait SMS yang tersebar meminta sumbangan mengatasnamakan keluarga korban bencana. Idenya muncul setelah pelaku beberapa kali menonton siaran TV yang selalu menayangkan permintaam donasi bagi korban bencana di Sulteng.

Pelaku LR alias MR memanfaatkan situasi dan kondisi di tengah bencana tersebut, melalui pesan elektronik memjnta sumbangan fiktif. Isi pesan elektronik itu berbunyi, "Tolong bantu keluarga kami korban gempa tsunami Palu-Donggala via rekening BRI 7806-01-004778-53-5 a/n RISA RISTIANTI Cabang BRI Palu-Donggala,"

"Bersangkutan memanfaatkan situasi bencana alam. Tersangka menyebarkan SMS untuk mendapatkan simpati dari para korbannya," ungkap Wirdhanto saat menggelar konferensi pers di kantornya, Kamis, (11/10/2018).

Bermodal HP dan aplikasi SMS pelaku meminta sejumlah dana dengan mengirim pesan berantai ke sejumlah nomor. Laptop dan modem juga dipakai agar penyebarannya bisa lebih meluas. Termasuk mengadakan rekening tampungan yang merupakan cabang BRI Palu-Donggala yg dibeli seharga Rp1,2 juta di Pangkajene, Kabupaten Sidrap.

"Terkait bagaimana peralatan ini ada dan masuk dalam rekening tambungan masih akan ditelusuri. Saat ini kita masih koordinasi dengan pihak bank siapa identitas yang membuka rekening atas nama Risa Ristianti," bebernya.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads