Aplikasi Sehat Dalam Genggaman di Parepare Mulai Diuji Coba

Rabu, 02 September 2020 - 14:14 WIB
loading...
Aplikasi Sehat Dalam Genggaman di Parepare Mulai Diuji Coba
Direktur RSUD Andi Makkasau Parepare, Renny Anggraeni Sari. Foto: Sindonews/dok
A A A
PAREPARE - Manajemen RSUD Andi Makkasau Parepare, terus melakukan inovasi dalam hal pelayanan, termasuk untuk konsultasi melalui daring yang segera diuji coba.

Direktur RSUD Andi Makkasau Parepare, Renny Anggraeni Sari mengatakan, pekan ini mulai dilakukan uji coba aplikasi Telemedicine Sehat Dalam Genggaman Kita (Salamaki).



"Aplikasi Salamaki, merupakan inovasi yang diluncurkan di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) , " katanya.

Aplikasi Salamaki, jelas Renny, bertujuan untuk mengurangi kontak fisik antara pasien dengan dokter, yakni layanan konsultasi online tanpa harus antre atau datang ke rumah sakit.

"Aplikasi ini sudah bisa digunakan masyarakat pasien, untuk memudahkan dalam berkonsultasi secara online dengan dokter di poliklinik yang ada di RSUD Andi Makkasau ," papar Renny.

Renny memaparkan, aplikasi Salamaki, juga terintegrasi dengan Rumah Sakit jejaring Puskesmas dan Call Centre 112 di Parepare, agar dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis yang ada di RSUD Andi Makkasau .

“Terobosan ini mengikuti imbauan dari Pak Jokowi terkait Dilan (Digital Melayani) secara spesifik di RS dalam bentuk Tele Medicine,” ujarnya.

Bagian Humas RSUD Andi Makkkasau Parepare, Mukarrama mengatakan, tidak semua penyakit yang dialamai pasien bisa dikonsultasikan melalui aplikasi online tersebut. Dan aplikasi tersebut, kata jelasnya, hanya bisa didapatkan melalui playstore.



Tahap awal, tambah Mukarrama, aplikasi Salamaki, akan di gratiskan untuk warga ber-KTP Parepare, karena layanan tersebut belum dicover oleh BPJS Kesehatan, lantaran belum adanya juknis terkait layanan tersebut.
"Ke depan, akan diupayakan layanan ini terintegrasi degan mobile JKN dan masuk dalam jaminan biaya BPJS,” tandasnya.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2124 seconds (0.1#10.140)