Pemkab Enrekang Jamin Pemenuhan Kebutuhan Difabel dalam Pembangunan

Rabu, 02 September 2020 - 16:19 WIB
loading...
Pemkab Enrekang Jamin Pemenuhan Kebutuhan Difabel dalam Pembangunan
Suasana Talkshow Milad perdana atau ke-1 Ikatan Difabel Enrekang (IDE). Foto: Sindonews/Aris Bafauzi
A A A
ENREKANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Enrekang , berkomitmen untuk menjamin pemenuhan kebutuhan difabel dalam setiap pembangunan yang digalakkan saat ini.

Hal tersebut dibahas pada talkshow Milad perdana atau ke-1 Ikatan Difabel Enrekang (IDE) yang digelar di Villa Bambapuang. Penegasan tersebut disampaikan Kepala Bidang Ekonomi Sosial Budaya dan Pemerintahan Bappeda-Litbang Muhammad Aries Yasin.



"Salahsatu visi misi Enrekang Emas dan program prioritas Pemda adalah pembangunan inklusi. Dimana kita mendorong keterlibatan, keadilan, kemudahan akses dan pemenuhan hak difabel tanpa diskriminasi," ujar Aries, Rabu (2/9/2020).

Aries mencontohkan, pembangunan kawasan wisata Swiss di Kelurahan Juppandang Kecamatan Enrekang , yang menyiapkan jalur guiding block atau ubin taktil bagi penderita tunanetra atau buta. Apalagi dalam 8 arah kebijakan pembangunan tahun 2021, Pemkab Enrekang memasukkan pemberdayaan disabilitas sebagai salah satu prioritas.

"Memang telah kita masukkan dalam prioritas kebijakan pembangunan Pemkab Enrekang 2021. Dan kawasan wisata Swiss yang telah diresmikan juga telah diterapkan sarana dan prasarana ramah difabel," tambahnya.

Sementara dari segi Kepemudaan dan Pariwisata, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata (Dispopar) Enrekang , Andi Zulkarnain menambahkan Dispopar mendukung pengakuan, peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan kaum difabel melalui sejumlah program.

Masing-masing kata dia, melalui keterlibatan dalam industri pariwisata, kegiatan ekonomi kreatif khususnya souvernir khas Enrekang hingga seni pertunjukan difabel.



"Harapan kita bisa bekerjasama dalam membuat event daerah. Seperti porseni serta peringatan Hari Difabel Internasional. Saudara dari Difabel bisa ikut terlibat langsung," kata Zulkarnain.

Ketua IDE Institut Faluphy Mahmud menyampaikan aspirasi kepada pemerintah . Diantaranya agar membangun sarana dan prasarana umum yang ramah terhadap kaum difabel, serta meningkatkan keterlibatan difabel dalam berbagai kegiatan dan program pemerintah.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2644 seconds (0.1#10.140)