alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dishub Diminta Tertibkan Aktifitas Bongkar Muat di Pinggir Jalan

Joni Lembang
Dishub Diminta Tertibkan Aktifitas Bongkar Muat di Pinggir Jalan
DPRD Tana Toraja minta Dishub tindaki aktifitas bongkar muat di pinggir jalan. Foto: Ilustrasi

TORAJA - DPRD Tana Toraja meminta Dinas Perhubungan (Dishub) kabupaten Tana Toraja, menertibkan aktifitas bongkar muat barang di pinggir jalan pada jam sibuk.

"Setiap hari di beberapa titik jalan-jalan protokol dalam kota Makale macet. Salah satu penyebabnya adalah aktifitas bongkar muat di pinggir jalan pada jam sibuk,” ujar Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi di Makale Jumat, (12/10/2018).

Dia mengatakan, aktifitas bongkar muat barang menggunakan truk besar di pinggir jalan mengganggu pengguna jalan lainnya. Sebagian badan jalan digunakan untuk memarkir truk sehingga badan jalan menyempit dan menghambat jalan kendaraan yang ada dibelakangnya mapun dari arah yang berlawanan. Dampaknya, terjadi kemacetan lalulintas.

Menurutnya, maraknya aktifitas bongkar muat barang di pinggir jalan pada jam-jam sibuk karena tidak adanya tindakan tegas dari pemerintah daerah melalui instansi terkait dalam hal ini Dinas Perhubungan.

Meski beberapa kali dilakukan penertiban terhadap aktivitas bongkar muat barang di pinggir jalan tapi hanya dilakukan pada momen-momen tertentu saja. Misalnya, menjelang kedatangan pejabat maupun tamu negara di Toraja. Setelah itu tidak ada lagi sehingga bongkar muat di pinggir jalan kembali terjadi.

"Penertiban aktivitas bongkar muat barang di pinggir jalan harus dilakukan secara rutin disertai tindakan tegas. Harus juga ada pengaturan waktu tertentu untuk kegiatan bongkar muat barang agar tidak mengganggu lalulintas," kata Welem.

Kepala Dinas Perhubungan kabupaten Tana Toraja Army Lenggo menyatakan pihaknya siap menertibkan kendaraan truk yang melakukan aktivitas bongkar muat barang di pinggir jalan.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads