alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

DPPPA Makassar Tangani 500 Kasus Kekerasan Terhadap Anak

Hasdinar Burhan
DPPPA Makassar Tangani 500 Kasus Kekerasan Terhadap Anak
Kekerasan terhadap anak. Foto : Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Makassar mencatat jumlah kasus kekerasan anak di tahun 2017 lalu mencapai 1.106 kasus.

Dari jumlah kasus itu, DPPPA Makassar mampu menangani sedikitnya 500 kasus kekerasan anak.

"Kalau kekerasan bukan persoalan turun naik. Sekarang ini berapa banyak kasus yang ditangani. Jadi, bukan banyaknya tapi bagaimana kita menanggulangi," kata Kepala DPPPA Makassar, Tenri A Pallalo, Minggu (14/10/2018).

Dia menjelaskan, untuk menanggulangi kasus kekerasan terhadap anak, DPPPA membentuk shelter poin atau posko pengaduaan korban kekerasan anak dan perempuan berbasis RT/RW. Meski saat ini masih menggunakan rumah milik warga.

Menurut Tenri, keberadaan shelter menjadi solusi penanganan dini korban kekerasan.  Dengan demikian, sejak shelter telah beroperasi, pihaknya telah menangani 50% kasus kekerasan anak.

"Dari fakta di lapangan, setelah kita kembangkan kurang lebih dua tahun ini, kita bisa menyelesaikan aduan sampai 50 persen.  Kalau ada aduan 10 yang masuk, kita bisa selesaikan 5," jelasnya.

Sementara itu, panitia khusus (pansus) Ranperda Perlindungan Anak mengimbau pemerintah membentuk shelter (rumah aman) untuk anak di setiap RT/RW.

Apalagi salah satu pasal pada ranperda itu menegaskan jika setiap kelurahan harus menyediakan rumah aman bagi anak.

"Perda perlindungan anak ini tidak main-main, kita serius membahas ini di DPRD Makassar. pemerintah harus fokus dalam kebijakan ini," kata Sekretaris Pansus Ranperda Perlindungan Anak, Yenni Rahma.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads