alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Cegah Banjir, Dewan Minta Normalisasi Drainase Dipercepat

Hasdinar Burhan
Cegah Banjir, Dewan Minta Normalisasi Drainase Dipercepat
Petugas dari Dinas PU Makassar saat melakukan normalisasi drainase di Makassar. Foto: Maman Sukirman/SINDOnews

MAKASSAR - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar, meminta agar normalisasi drainase di Makassar bisa dipercepat jelang masuknya musim hujan.

Hal itu disampaikan oleh Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Kota Makassar Susuman Halim yang mendesak Pemerintah Kota Makassar dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk segera menyelesaikan normalisasi drainase.

“Dari tahun ke tahun itu menjadi konsen kita. Perbaikan drainase itu memang selalu jadi konsen. Termasuk beberapa rapat evaluasi dengan SKPD itu kita selalu mengarahkan bahwa fokus anggran kita dan PU juga punya progress yang baik terhadap perbaikan itu. Prinsipnya, on the track lah,” katanya, Selasa, (16/10/2018).

Ia mengatakan, sejumlah kawasan di Kota Makassar tergenang air setiap kali hujan, mulai dari sejumlah jalan protokol hingga ke pemukiman warga di berbagai titik. Oleh karena itu, pihaknya mendorong agar Dinas PU segera menyelesaikan normalisasi drainase yang sudah direncanakan.

Bahkan kata dia, banjir yang terjadi di Makassar dikarenakan drainase yang ada tidak terintegrasi satu sama lain, sehingga air tidak lancar mengalir, terhalang dan akhirnya terjadi banjir.

Karena itulah, pihaknya mendorong perbaikan drainase tersebut dengan menambah anggaran infrastruktur dalam APBD Perubahan 2018. Diketahui, anggaran PU ditambah Rp65 Miliar dalam APBD Perubahan. Anggaran tersebut untuk perbaikan infrastruktur, seperti drainase, jalan lingkungan, dan lampu jalan.

“Memang kita konsen terhadap hal ini, makanya kami dorong ada anggaran tambahan di APBD Perubahan kemarin,” ungkap legislator Partai Demokrat ini.

Lebih lanjut ia menjelaskan jika musim hujan, menurut BMKG, akan terjadi pada bulan Desember sampai dengan April 2018. Untuk mengantisipasi terjadinya banjir seperti kejadian tahun lalu, pihaknya mengimbau ada normalisasi infrastruktur, terutama saluran air, drainase dan kanal-kanal. Setidaknya ada 300 titik normalisasi yang harus diperbaiki sebelum memasuki musim penghujan.

“Harapanya, agar apa yang menjadi perencaan PU bisa berjalan dengan baik. Kita ingin melihat di musim puncak-puncak hujan ada progress yang baik. Yang dulunya ada genangan, jadi tidak ada genangan tentunya. Dulunya daerah itu potensi banjir sudah tidak terjadi lagi,” katanya.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads