Empat U-Turn Ditutup, Salah Satunya di Depan Aspol Tello

Jum'at, 04 September 2020 - 08:14 WIB
loading...
Empat U-Turn Ditutup, Salah Satunya di Depan Aspol Tello
Empat titik u-turn atau bukaan putar balik arah di sepanjang Jalan Urip Sumoharjo Makassar akhirnya ditutup karena dianggap memicu kemacetan lalu lintas. Foto : SINDOnews/Doc
A A A
MAKASSAR - Empat titik u-turn atau bukaan putar balik arah di sepanjang Jalan Urip Sumoharjo Makassar akhirnya ditutup karena dianggap memicu kemacetan lalu lintas. Keempat u-turn itu diantaranya salah satunya terletak di depan Aspol Tello. Selain itu di depan Bulog Panaikang, depan Bosowa Berlian Motor, dan depan PO Liman. Baca : Jalur Putar Balik di Jalan Perintis dan Alauddin Dikaji untuk Ditutup

Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Muhammad Arafah menjelaskan, penutupan u-turn ini berdasarkan rekomendasi dari tim yang tergabung dalam Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Sulsel. Dari hasil kajian, keempat u-turn itu akhirnya ditutup.

"Memang mobilitas u-turn di situ kan pertama memang tinggi. Kedua, memang berdekatan. Dalam aturan kan harus minimal berjarak antara 600 meter," ujar Arafah kepada SINDOnews, kemarin.

Dengan mobilitas kendaraan yang padat di sepanjang jalur itu, potensi kemacetan bisa terjadi karena terlalu banyak u-turn. "Intinya bisa memicu di kemacetan. Makanya dikurangi u-turn di sepanjang jalur itu," sambungnya. Baca Juga : U-Turn 3 Ruas Jalan di Kota Makassar Bakal Dikurangi

Arafah mengaku, dari hasil kajian ada beberapa u-turn lainnya yang direkomendasikan untuk ditutup. Namun demikian, untuk sementara hanya empat yang lebih diujicobakan.

Dari hasil penutupan u-turn di empat titik tersebut, akan kembali dievaluasi aktivitas arus kendaraan lalu lintas di jalur itu. "Sebenarnya kan tadinya lebih dari itu. Tapi untuk tahap pertama, itu saja dulu, sambil kita evaluasi," kata Arafah.

Selain di sepanjang jalur Jalan Urip Sumoharjo, u-turn di jalur protokoler di Kota Makassar pun akan dikaji. Salah satu indikatornya, jika terdapat u-turn yang saling berdekatan, maka berpotensi untuk ditutup. "Masih ada lagi. Kita akan kaji bukaan jalan lain. Tapi ini juga tergantung dari hasil kajian dari forum lalu lintas. Inikan tujuannya untuk memperlancar arus lalu lintas kendaraan," jelas Arafah.

Sementara Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Sulsel, Aruddini menambahkan, ada 9 u-turn yang ditargetkan untuk ditutup di sepanjang Jalan Urip Sumiharjo-Jalan Perintis Kemerdekaan. Namun tahap pertama, hanya 4 diantaranya yang ditutup lebih dulu.

"Ada 9 u-turn sebenarnya, tapi yang diputuskan melalui forum, hanya 4 dulu yang ditutup. Tapi nanti kita pelajari lagi. Kalau ternyata dari kajian itu sudah tepat, maka akan dilanjutkan dengan u-turn yang lain," sebut Aruddini.

Penutupan u-turn ini, lanjut dia, difokuskan pada jalur protokoler nasional. Rencananya, kajian akan dilakukan di ruas jalan lainnya, seperti di Jalan Letjen Hertasning dan Jalan Sultan Alauddin. Baca Lagi : Gubernur Siapkan Formulir Pemecatan untuk ASN yang Terlibat Politik Praktis
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9064 seconds (0.1#10.140)