alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Cegah Dampak Penyakit, TNI AL Gelar Penelitian Air Tanah di Palu

Budi Santoso
Cegah Dampak Penyakit, TNI AL Gelar Penelitian Air Tanah di Palu
Tim Satgas TNI AL melakukan penelitian air tanah di Palu, Sulteng, Selasa (16/10/2018), untuk mencegah terjadinya gangguan kesehatan bagi masyarakat setempat. Foto : Istimewa

PALU - Tim satuan tugas (Satgas) Kesehatan TNI Angkatan Laut (AL) menggelar penelitian air tanah untuk mencegah bencana kedua (second disaster) yang dapat menimbulkan dampak penyakit terhadap masyarakat di wilayah terkena bencana gempa bumi dan tsunami di Palu, Sulteng dan sekitarnya.

Selain itu, mereka juga menggelar fogging, Selasa (16/10/2018). Keterangan resmi yang diterima SINDOnews, satgas kesehatan TNI AL mulai melaksanakan penelitian air tanah di dua lokasi terdampak likuifaksi, yakni di Kelurahan Petobo dan Balaroa, Palu, Sulteng.

Ketua Tim Satgas Kesehatan Letkol Laut (K), drg Ketut Triwanto menyampaikan, penelitian dengan pengambilan sampel air tanah tersebut dimaksudkan untuk mengetahui apakah air tanah yang dikonsumsi oleh warga masih aman bagi kesehatan atau tidak.

"Untuk pengambilan sampel di Kelurahan Balaroa, ada delapan sampel titik air pada kawasan pemukiman yang dikoordinasikan bersama Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Kemenkes RI dari Manado," jelasnya.

Ke delapan titik tersebut yakni, di wilayah RT 01, RT 03 dan RW 06 di Balaroa. Serta berlangsung di Jalan Manggis, Jalan Durian, Jalan Loloa, Jalan Sibane, dan daerah Kaloa Balaroa.

Selain pengambilan sampling air, tim satgas kesehatan ini juga mengambil sampling dari tanah di daerah Petobo untuk diteliti.

"Semua sample air dan tanah yang telah dikumpulkan nantinya akan diteliti untuk memastikan kesehatan warga yang masih bertahan di wilayah tersebut," sebut Ketut.

Sementara itu, kata dia, fogging dilakukan untuk menghindarkan warga dari penyakit malaria dan demam berdarah.

"Kami terbagi dalam dua tim, satu tim melakukan pengambilan sampel air dan tanah di Petobo dan Balaroa. Sementara tim lain melakukan fogging di posko pengungsi Petobo, Pantai Talise, Mamboro, Lawalae, Kekentina kelurahan Taipa, kelurahan Siaga, Pelabuhan Pantoloan, dan Wani Kabupaten Donggala Sulteng," jelas Ketut.

Dia menambahkan, tim satgas kesehatan TNI AL juga membagikan masker serta kantong plastik di tiap tenda pengungsian agar dapat digunakan membuang sampah.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads