Lima Aplikasi Inovatif Pilihan Indosat Ooredoo Melawan Penyebaran COVID-19

Minggu, 03 Mei 2020 - 10:28 WIB
loading...
Lima Aplikasi Inovatif Pilihan Indosat Ooredoo Melawan Penyebaran COVID-19
Gambar virus corona. FOTO/ Ist
A A A
JAKARTA - Pada akhir Maret lalu, Indosat Ooredoo meluncurkan program yang menantang para pengembang muda di Indonesia, untuk menciptakan aplikasi melawan penyebaran COVID-19 lewat inovasi.

Program bernama Indosat Ooredo Digital Camp (IDCamp) ini telah menyaring lima aplikasi paling inovatif, dari lebih 100 aplikasi yang mengikuti tantangan tersebut.

Pertama, aplikasi MUNYER. Aplikasi ini mampu mengurangi intensitas masyarakat untuk keluar rumah, meningkatkan pendapatan pedagang keliling, dan memudahkan pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Secara tidak langsung, MUNYER juga bisa digunakan untuk memberikan edukasi kepada pedagang keliling untuk menjaga diri dan melakukan pencegahan tertular Covid-19 dengan menghindari zona-zona merah penyebaran.

Kedua, aplikasi Aman Covid. Aplikasi ini memberikan kemudahan kepada penyandang tuna netra untuk mengakses perkembangan COVID-19. Selain itu, Aman Covid memberikan rekomendasi kegiatan yang bisa dilakukan di rumah.

Di dalamnya juga terdapat perkembangan data terkini COVID-19 dari sumber yang kredibel, lengkap dengan nomor telpon darurat, dan bisa mengingatkan pengguna aplikasi untuk melakukan protokol physical distancing. Saat ini aplikasi masih dalam tahap pengembangan untuk bisa digunakan oleh masyarakat.

Ketiga, aplikasi TurnBackCovid. Di dalamnya berisikan fitur-fitur seperti informasi berita terkini terkait COVID-19, edukasi, self-assessment pendeteksian resiko COVID-19, daftar hotline, peta rumah sakit rujukan, dan pemberitahuan bila terlalu dekat dengan pasien positif corona.

Aplikasi yang masih dalam pengembangan ini nantinya akan membantu masyarakat untuk menyaring berita hoaks, mempercepat penelusuran riwayat kontak pasien positif, serta mempercepat tindakan penanganan penderita Covid-19.

Keempat, aplikasi Dirumahajakuy. Aplikasi ini memberikan tantangan yang membuat penggunanya dengan senang hati tetap berada di rumah, mengikuti anjuran pemerintah untuk melakukan pembatasan sosial atau social distancing.

Aplikasi ini juga memberikan tantangan setiap harinya. Jadi, jika pengguna berhasil menjalankannya akan diberikan reward. Tantangan diatur sedimikian rupa agar hanya bisa dikerjakan satu kali per harinya, dan pengguna tetap berada di rumah.

Kelima, aplikasi Amigo-19. Aplikasi yang bisa digunakan untuk mengelola jadwal keluar rumah untuk membeli bahan pokok, sehingga efektivitas waktu keluar rumah lebih baik. Aplikasi ini juga memberikan rekomendasi dan tips belanja yang aman untuk menghidari penyebaran COVID-19.

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan statistik terbaru mengenai COVID-19 dan pusat edukasi yang dikemas secara menarik. Amigo-19 masih dalam tahap pengembangan sebelum dapat digunakan oleh masyarakat luas.

“Indosat Ooredoo berkomitmen mendukung pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19," kata President Director and CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama di Jakarta, Sabtu (2/5/2020).
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1702 seconds (0.1#10.140)