Terbang Perdana, Wings Air Mendarat Mulus di Bandara Buntu Kunik

Jum'at, 04 September 2020 - 11:12 WIB
loading...
Terbang Perdana, Wings Air Mendarat Mulus di Bandara Buntu Kunik
Wings Air melakukan penerbangan perdana pesawat komersil dari Bandar Udara Hasanuddin ke Bandar Udara Buntuk Kunik Tana Toraja, Jumat (04/09/2020). Foto : SINDOnews/Maman Sukirman
A A A
TANA TORAJA - Hari ini Wings Air melakukan penerbangan perdana pesawat komersil dari Bandar Udara Hasanuddin ke Bandar Udara Buntuk Kunik Tana Toraja. Membawa puluhan penumpang perdana pula, Wings Air pesawat ATR 72-600 melakukan lepas landas pukul 9.53 wita dari Bandara Hasanuddin dan tiba pukul 10.37 wita atau sekitar 50 menit dengan berada diketinggian 15 ribu permukaan laut.

Capten Wahyu Widodo Pilot yang membawa penumpang berhasil mendaratkan Wings Air dengan mulus. Kedatangan penumpang perdana pesawat Wings Air disambut hangat Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara.

President Director of Lion Air Group, Edward Sirait sebelum boarding melakukan seremonial pelepasan penerbangan perdana di Bandara Udara Hasanuddin. Edward mengatakan, Wings Air akan melaksanakan penerbangan perdana pada 4 September 2020.

Tahap awal, Wings Air menyediakan layanan dengan frekuensi terbang empat (4) kali dalam seminggu setiap
Selasa, Rabu, Jumat dan Minggu. Wings Air nomor penerbangan IW-1330 memiliki jadwal keberangkatan dari Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin pukul 09.35 WITA (Waktu Indoensia Tengah, GMT+ 08) dan dijadwalkan tiba di Bandar Udara Toraja pada 10.35 WITA.

Untuk penerbangan kembali, masih di hari yang sama Wings Air bernomor IW-1331 akan mengudara dari
Bandar Udara Tana Toraja pukul 10.55 WITA dan waktu kedatangan di Bandar Udara Internasional Sultan
Hasanuddin diperkirakan pada 11.55 WITA.

"Terima kasih atas kerjasama dan dukungan dari Pemerintah Daerah yakni Kabupaten Tana Toraja dalam pelaksanaan penerbangan ini. Wings Air juga berterima kasih kepada regulator, pengelola bandar udara, pengatur lalu lintas udara dan pihak terkait yang mendukung penuh operasional sehingga rencana inaugural flight dapat terlaksana secara baik sesuai standar operasional prosedur," ujarnya.

Kata dia, harapan terbesar dari rute baru akan mendorong percepatan pemulihan ekonomi melalui perjalanan udara, mendorong tren permintaan penerbangan sejalan dengan kesungguhan Wings Air dan Lion Air Group dalam mengoperasikan layanan yang tetap mengutamakan dan memenuhi unsur-unsur keselamatan, keamanan serta pelaksanaan sebagaimana pedoman protokol kesehatan.

Dalam penerbangan Makassar – Tana Toraja – Makassar, Wings Air menawarkan nilai lebih kepada penumpang dengan total waktu tempuh sekali jalan (one way) berkisar 50 menit, relatif singkat, memperpendek jarak, terjangkau dan efektif.

Ketersediaan jadwal penerbangan yang tepat, Wings Air optimis dapat memberikan pilihan perjalanan menggunakan pesawat udara terutama bagi penumpang yang berasal dari Makale, Bittuang, Bonggakaradeng, Kurra, Makale Selatan, Makale Utara, Malimbong Balepe, Mappak, Masanda, Rano, Rantetayo, Rembon, Simbuang, Sangalla dan daerah lain di sekitar.

Sementara itu, Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara menyampaikan apresiasi tinggi dan terima kasih ke manajemen Lion Group yang telah bersedia membuka operasional penerbangannya ke Tana Toraja, tentunya ini memberikan peluang bagi daerahnya berkembang karena mempercepat konektivitas yang selama ini memang jaraknya berjam-jam jika melalui darat.

"Bentuk dukungan kami tentu akan mensosialisasikan ke dua daerah Tana Toraja dan Toraja Utara agar perjalanan dinas dan kegiatan lainnya memanfaatkan Wings Air, ini juga tentu semakin mendukung aktivitas wisata di Toraja,"paparnya.

Sementara itu, salah satu penumpang perdana bernama Tiara (13 tahun) asal Gorontalo mengaku senang dibukanya rute tersebut, karena semakin mendekatkan dengan keluarganya. Apalagi, ini menjadi pengalaman pertamanya sejak meninggalkan Tana Toraja. "Awalnya deg-degan, baru pertama kali naik pesawat ke Toraja. Dulu waktu kecil naik bus. Ini juga untuk pertama kalinya mau ketemu bapak setelah besar," paparnya
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1315 seconds (0.1#10.140)