alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jadi Solusi Air Bersih, IPA Malakaji Ditarget Rampung November

Herni Amir
Jadi Solusi Air Bersih, IPA Malakaji Ditarget Rampung November
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat mengunjungi IPA Malakaji di Tomlobulu, belum lama ini. Foto: Istimewa

SUNGGUMINASA - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menargetkan pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Malakaji, Kecamatan Tompobulu rampung pada November mendatang.

"Kita menginginkan pembangunan IPA ini bisa rampung di November mendatang, sehingga PDAM dapat mengoperasikannya di akhir tahun ini," ujar Adnan, Rabu (17/10/2018).

Dia berharap dengan beroperasinya IPA tersebut, maka persoalan air bersih yang menjadi salah satu problem utama masyarakat Tompobulu akan terselesaikan secara bertahap.

Menurutnya, ini bagian dari upaya Pemkab Gowa dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat yakni air bersih. IPAMalakaji sendiri diprediksi mampu mengcover minimal 2.000 sambungan baru.

Sementara, Dirut PDAM Gowa,
Hasanuddin Kamal, mengatakan, antusias masyarakat sangat baik dan senang atas program Bupati Gowa dalam membangun IPA di Malakaji.

"Bapak Bupati tentu berharap semua pihak dapat mendukung program ini dengan tetap menjaga lingkungan agar sumber air di intake tetap terjaga," jelasnya.

Jika tidak lanjut Hasanuddin, ada air baku maka proyek yang menelan biaya miliaran ini akan sia-sia. Masyarakat sendiri akan merugi dan kesulitan air bersih ketersediaan air baku tetap ada dan lestari.

"Untuk itu masyarakat dan pemerintah serta aparat harus menyadari pentingnya lingkungan,"ucapnya.

Sebelumnya, Pemkab Gowa juga sudah membangun 10 titik Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) untuk memenuhi kebutuhan air bersih di 7 Kecamatan di datatan tinggi.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads