alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Akhir Tahun Ini PD Parkir Uji Coba Terminal Parkir Elektronik

Vivi Riski Indriani
Akhir Tahun Ini PD Parkir Uji Coba Terminal Parkir Elektronik
AREA PARKIR. PD Parkir Makassar Raya menjadwalkan uji coba sistem TPE di tiga titik pada akhir tahun ini. Ketiganya yakni Jl Somba Opu, Jl Penghibur, dan Jl Kartini. Foto: Dok/SINDOnews

MAKASSAR - PD Parkir Makassar Raya menjadwalkan uji coba sistem Terminal Parkir Elektronik (TPE) di tiga titik pada akhir tahun ini. Ketiganya yakni Jl Somba Opu, Jl Penghibur, dan Jl Kartini.

Direktur Utama PD Parkir Makassar Raya Satriani Ulfa Mungkasa, menjelaskan, penerapan TPE ini bertujuan untuk meminimalisir maraknya jukir liar yang kerap meresahkan pengguna jalan.

"Untuk tahap awal kita gandeng PT Kinarya Terbaik Indonesia selaku investor. Kita lakukan bertahap dan di mulai di tiga titik yaitu Jalan Somba Opu, Penghibur, dan Kartini," kata Direktur Utama PD Parkir Makassar Raya Satriani Ulfa Mungkasa.

Nantinya akan ada beberapa perubahan metode jika sistem ini diterapkan. Misalnya, besaran pungutan sesuai dengan penggunaan mengingat semua tercatat secara real time dan on time dalam alat tersebut. Pembayaran dilakukan secara cashless dan tarifnya progresif, serta memperoleh data yang lengkap dan real time

"Kita ingin meningkatkan pendapatan mereka (jukir). Jadi, jukirnya akan langsung digaji. Jadi mereka tidak bisa ambil uang langsung dari masyarakat," ucapnya.

Dia berharap agar sistem ini setidaknya bisa meningkatkan PAD pemerintah kota. "Kita optimis alat yang kita gunakan ini sangat membantu PD parkir untuk meningkatkan labahnya dan menertibkan jukir liar," tambahnya.

"Kalau saya pingin secepatnya bisa menerapkan terminal parking, cuman kan alat itu mahal. Jadi, kita butuhkan waktu selama enam bulan sebelum uji coba sistem ini diperluas," katanya.

Sementara itu, Direktur Operasional PT Kinarya Terbaik Indonesia, Wahyu Ramadhan memaparkan bagaimana operasi TPE ini. Sebelum memasuki area parkir, pengunjung akan lebih dahulu menginput tipe kendaraan. Kemudian, melakukan pengisian plat nomor kendaraan, lalu mengestimasikan durasi waktu parkir. Dan menempelkan kartu parkir untuk melakukan pembayaran.

“Nanti ketika keluar, jukir akan mengambil karcis dan menghitung berapa durasi waktu parkirnya,” ungkapnya.



(kem)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads