alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Caleg Terpilih dari Partai Demokrat Harus Menggaji Calon Gagal

Luqman Zainuddin
Caleg Terpilih dari Partai Demokrat Harus Menggaji Calon Gagal
NIMATULLAH. Calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Demokrat yang terpilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang wajib menggaji caleg yang tidak lolos menjadi anggota dewan. Foto: Dok/SINDOnews

MAKASSAR - Calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Demokrat yang terpilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang wajib menggaji caleg yang tidak lolos menjadi anggota dewan.

Ketua DPD Partai Demokrat Sulsel, Ni'matullah, mengatakan bahwa kompensasi itu adalah strategi akumulasi suara untuk memenuhi target perolehan kursi di DPR RI dan DPRD. Dengan kata lain, semua suara caleg yang berpotensi meraih perolahan kursi akan diakumulasi.

"Jadi caleg yang memiliki suara akan digabung akan terpenuhi kursi. Tapi yang tidak terpilih akan mendapat gaji per bulan dari yang terpilih," sambung Ulla, sapaan dia, Rabu (17/10/2018).



Hanya saja, yang menerima kompensasi ini, sambung wakil ketua DPRD Sulsel itu, dengan batas suara minimum tertentu yang dikumpulkan ketika pemungutan suara 17 April 2019 mendatang.

Hal ini, kata Ulla, semata dilakukan untuk menghargai suara yang mereka raih. Selain itu, langkah ini dinilai bisa mengantisipasi kemungkinan kader Demokrat pindah ke partai lain, lantaran tak terpilih.

"Tapi kalau dia tetap dapat gaji dari caleg terpilih pasti dia akan bertahan di Demokrat. Pasti juga yang dapat kompensasi pasti rajin ke partai," jelasnya.

Kompensasi itu akan dituangkan dalam pakta integritas dan komitmen soal strategi kompensasi suara bagi caleg, yang rencananya akan ditandatangani oleh seluruh caleg..

Penandatanganan tersebut akan dilaksanakan sebagai rangkaian kegiatan orientasi caleg yang dijadwalkan berlangsung awal bulan November mendatang.

Nantinya ada lebih dari 900 Caleg yang akan mengikuti orientasi tersebut. Dengan rincian, 85 orang Caleg DPRD Sulsel, 800 Caleg Kabupaten/Kota, dan 24 Caleg DPR RI.



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook