Mitos atau Fakta, Nomor Punggung 11 Pemain Sayap Kiri?

Rabu, 15 April 2020 - 07:37 WIB
loading...
Mitos atau Fakta, Nomor Punggung 11 Pemain Sayap Kiri?
Nomor punggung merupakan salah satu identitas yang menunjukkan tentang posisi pemain. Tapi benarkah, nomor 11 identik dengan pemain sayap kiri, mitos atau fakta?
A A A
JAKARTA - Nomor punggung merupakan salah satu identitas yang menunjukkan tentang posisi pemain. Tapi benarkah, nomor 11 identik dengan pemain sayap kiri, mitos atau fakta?

Secara umum penikmat sepak bola bisa melihat posisi pemain selama berada di atas lapangan hijau dengan beberapa nomor punggung yang cukup beragam. Seperti nomor 1, yang identik dengan penjaga gawang. Begitu pula dengan angka 9 dan 10, yang dikenal sebagai seorang penyerang.

Perlu diketahui, penomoran secara teratur dari 1 hingga 11 ini pertama kali dicetuskan oleh pelatih legendaris Arsenal, Herbert Chapman. Dia adalah seorang visioner yang menerapkan nomor secara teratur tersebut pada 1928, saat The Gunners melawan Sheffield Wednesday.

Seiring waktu, penomoran itu telah mengubah cara permainan dilihat, seperti yang ingin SINDOnews bahas mengenai nomor 11. Ya, nomor 11 dikenal memiliki tugas sebagai penyisir pertahanan sisi kanan lawan.

Tugas yang diemban pemain sayap bernomor punggung 11 itu tidaklah mudah. Tidak hanya memiliki fisik yang bagus, tapi harus punya timing yang tepat dalam mengirimkan umpan atau melepaskan tendangan ke gawang lawan.

Tapi benarkah nomor punggung 11 identik dengan pemain sayap? Jika melihat perkembangan sepak bola di zaman modern saat ini, bisa dikatakan angka itu hanyalah mitos belaka. Sebab, nomor 11 tidak melulu berbicara tentang pemain sayap.

Aleksandar Kolarov misalnya. Pemain yang pernah membela Manchester City itu identik dengan angka tersebut. Buktinya, selama mengenakan jersey The Citizens, dirinya selalu ditempatkan sebagai bek kiri yang harus menguras tenaga untuk membantu serangan dan pertahanan. Lantas siapa saja pemain sayap yang mengenakan nomor punggung 11?

Berikut 3 Pemain yang mengenakan Nomor Punggung 11:

1. Mohamed Salah

Pemain asal Mesir itu tiba di Anfield pada 2017 lalu, dan saat itu Roberto Firmino memberikan nomor 11 kepadanya. Dalam dua musim terakhir, Salah merupakan salah satu pemain yang berhasil mengundang perhatian penikmat sepak bola di dunia. Bersama Liverpool, dia mampu memainkan perannya dengan sangat baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1791 seconds (0.1#10.140)