alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pastikan Program Tepat Sasaran, Desa Mattiro Matae Perkuat Database

Muhammad Subhan
Pastikan Program Tepat Sasaran, Desa Mattiro Matae Perkuat Database
Kades Mattiro Matae, Rizal Idris bersama stafnya di kantor desa. Foto : Istimewa

PANGKEP - Penguatan data base desa menjadi hal utama yang kini tengah dikerjakan Pemerintah Desa Mattiro Matae, Kecamatan Liukang Tupabiring, Kabupaten Pangkep.

Kepala Desa Mattiro Matae, Rizal Idris menuturkan, data base desa ini sangat bermanfaat dalam penyusunan program kerja desa agar program tepat sasaran kepada masyarakat.

"Dengan akurasi data kondisi masyarakat, maka pemerintah desa bisa memilah antara program prioritas dengan tidak," tukas Rizal kepada SINDOnews, Kamis (18/10/2018).



Menurut Rizal, database tersebut diantaranya memuat perkembangan penduduk, nomor induk penduduk, buku tamu, agenda keluar, agenda masuk, database surat-surat berharga, data kepemilikan rumah masyarakat, kepemilikan tanah, kepemilikan hewan, alat rumah tangga, kendaraan darat dan laut, pekerjaan, bantuan yang diterima, kepemilikan usaha masyarakat, dan database aset desa.

Saat ini, lanjut Rizal, pihaknya telah memerintahkan seluruh RT untuk melakukan pendataan dengan menetapkan 27 indikator wajib yang dilaporkan kepada pemerintah desa secara berkala. Laporan tersebut berisi mulai tentang identitas, status kepemilikan tanah dan rumah sampai harta benda warga.

"Dengan data yang lengkap maka kita juga lebih mudah mengetahui kebutuhan yang akan kita masukkan sebagai program kerja pemerinta desa," jelasnya.

Selain untuk penentuan program, pendataan warga secara mendetail juga digunakan dalam penyaluran bantuan-bantuan sosial. Ia mengatakan, terkadang bantuan sosial salah sasaran karena kelemahan data pemerintah sendiri.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook