alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Enam Ranperda Ditetapkan, Ranperda Pub dan Sauna Dihapus

Muhammad Subhan
Enam Ranperda Ditetapkan, Ranperda Pub dan Sauna Dihapus
Ketua DPRD Pangkep, Andi Ilham Zainuddin (tengah) memimpin paripurna pengesahan enam ranperda. Foto : Muhammad Subhan/SINDOnews

PANGKEP - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pangkep akhirnya menetapkan enam rancangan peraturan daerah (ranperda) rapat paripurna, Kamis (18/10/2018).

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Pangkep, Andi Ilham Zainuddin ini dihadiri Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana, jajaran forkopimda Pangkep dan pimpinam Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Pangkep. Keenam ranperda yang disahkan yaitu, ranperda tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan, Penyertaan Modal, Pengelolaan Barang Milik Daerah, Retribusi dan Tera Ulang, Perubahan kedua Perda Retribusi Perizinan Tertentu, dan Perubahan Perda tentang Susunan Perangkat Daerah.

Keenam ranperda ini sebelumnya dibahas melalui dua pansus yang dibentuk DPRD Pangkep. Pansus ini masing-masing diketuai, Abdul Rasyid dan Umar Haya.



Ketua Pansus I, Abdul Rasyid mengatakan salah satu yang alot dalam pembahasan yaitu terkait pasal II ranperda Rencana Induk Kepariwisataan yang memuat jenis usaha pub dan sauna. Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini mengungkapan, untuk pasal tersebut, anggota pansus berdebat dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

"Setelah berdebat dua jam, akhirnya pub dan sauna dihapus dari ranperda pariwisata," kata Rasyid.

Hal lain yang berubah, yaitu dalam ranperda tentang Susunan Perangkat Daerah yang mengubah nama Badan Kepegawaian Daerah menjadi Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia. Hal tersebut sesuai dengan perubahan Undang-undang struktur perangkat daerah.

Sementara itu, Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana mengapresiasi pengesahan enam ranperda ini. Menurutnya, enam ranperda ini merupakan kebutuhan untuk kemajuan daerah.

"Kami menghaturkan penghargaan dan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi, khususnya kepada anggota DPRD Pangkep atas pengesahan enam ranperda ini," pungkas Syahban.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook