alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gubernur Sulsel Kukuh Porprov 2022 Jadi Tuan Rumah Bersama

Mustafa Layong
Gubernur Sulsel Kukuh Porprov 2022 Jadi Tuan Rumah Bersama
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah saat membawakan sambutan pada HUT Sulsel ke 349. Foto: Muchtamir Zaide/SINDOnews

MAKASSAR - Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, menegaskan tidak akan menganulir SK penetapan tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVII 2022, Sinjai dan Bulukumba atau tuan rumah bersama. Meski mendapat desakan sejumlah pihak.

Menanggapi rekomendasi Komisi E, DPRD Sulsel untuk menunjuk Kabupaten Sinjai sebagai tuan rumah tunggal, Nurdin tak bergeming. Setidaknya ada sejumlah pertimbangan penting yang membuatnya tetap pada kebijakan menunjuk dua tuan rumah.

Pertama, pelaksanaan event olahraga sudah lumrah dilakukan di dua lokasi berbeda. Ia mencontoh pagelaran Asian Games 2018 yang digelar di Palembang dan Jakarta.

Alasan lain, mengajak daerah menanggalkan persaingan dengan bekerjasama menyukseskan Porprov. Lalu dengan dua tuan rumah juga katanya, dapat meringankan beban keuangan tiap daerah pelaksana Porprov, agar tak menggelontorkan anggaran besar.

"Ini dua pilihan yang sulit, namun saya ingin meminta pengertian kita semua supaya kita bangun kebersaamaan," kata Nurdin ditemui seusai sidang paripurna istimewa dalam rangka HUT ke 349 Provinsi Sulsel.

Nurdin mengaku enggan menganulir keputusannya, sebab dinilai justru akan menimbulkan kekecewaan salah satu penyelenggara yang ditunjuk. Sebab dua daerah itu sama-sama berhak, baik melalui voting maupun rekomendasi.

"Jadi supaya tidak ada kecewa. Rekomendasi (DPRD) juga kita perhatikan, namun yang lebih harus dipahami keputusan itu diambil untuk melahirkan kebersamaan. Tidak mudah menjadi penyelenggara kegiatan apalagi di kondisi anggaran yang semakin sulit dan kebutuhan besar," kata guru besar Fakultas Kehutanan Unhas itu.

Terlepas dari itu semua, ketimbang meributkan persoalan penunjukkan tuan rumah, Nurdin menantang semua pihak agar menyiapkan daerahnya sebagai penyenggara Porprov yang digelar empat tahun lagi.

"Siapkan dulu venue-nya. Misalnya nanti, Pak Sinjai sudah siap, mandiripun bisa. Namun sekarang kita bertengkar, harus ini, itu, pentanyaannya apa yang sudah siap. kan gitu. Kita berbicara terlalu pagi," pungkas Nurdin.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads