alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

PUPR Kota Parepare Berhasil Capai Target PAD dari IMB

Darwiaty Dalle
PUPR Kota Parepare Berhasil Capai Target PAD dari IMB
Ilustrasi/SINDOnews

PAREPARE - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Parepare, berhasil mencapai target Pendapatan Asli Daerah (PAD) retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Realisasi capaiannya bahkan melampaui target, yakni 127%.

Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Parepare Anwar Amir, menjelaskan target PAD dari retribusi IMB hingga September tahun ini mencapai Rp1,5 miliar, dari target sebesar Rp1,1 miliar.

"Realisasi over target. Dan angka itu tentu masih akan bertambah, karena tenggang waktu hingga Desember mendatang. Tentunya ini semua berkat dukungan dari semua pihak, sehingga target terlampaui," papar Anwar.

Ditambahkan Anwar, penyumbang terbanyak PAD dari IMB tersebut, berasal dari sektor perumahan.

Sementara Plt Kepala Dinas PUPR Kadarusman Mangurusi mengatakan, realisasi capaian IMB yang melampaui target, tak lepas dari peran masyarakat yang semakin sadar terhadap pentingnya memiliki IMB, sebagai salah satu persyaratan dalam mendirikan bangunan.

Pihaknya, kata Kadarusman yang juga Kadis Pendidikan Parepare menghimbau, agar masyarakat yang hendak mengajukan permohonan penerbitan IMB, agar tidak melalui pelantara oknum calo karena akan berdampak pada yang mengajukan permohonan.

"Tentu penerbitannya juga bisa memakan waktu yang lebih lama. Sehingga kita sarankan untuk melakukan pengurusan langsung," jelasnya.

Pihaknya, kata Kadarusman lagi, juga memastikan pelayanan IMB bagi warga jauh lebih dipermudah sebagai bentuk pelayanan prima, sejauh persyaratan administeasi dipenuhi. Idealnya, IMB terbit setelah 14 hari.

"Jangan melalui perantara atau oknum yang tidak bertanggung jawab," katanya.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads