Tak Perlu Sampo Khusus, 5 Bahan Ini Bisa Singkirkan Ketombe

Minggu, 06 September 2020 - 13:51 WIB
loading...
Tak Perlu Sampo Khusus, 5 Bahan Ini Bisa Singkirkan Ketombe
5 bahan ini bisa menyingkirkan masalah ketombe. Foto: Ilustrasi/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ketombe mungkin tidak membahayakan maupun menular, tapi persoalan pada kulit kepala itu bisa sangat mengganggu. Bahkan dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang karena ketombe mudah terserak pada baju hitam atau yang berwarna gelap lain. Makanya, masalah ketombe ini harus cepat diatasi.

Tiap orang memiliki tingkat persoalan ketombe yang berbeda-beda. Kalau memang ketombe Anda dirasa masih "ringan", tak perlu menggunakan sampo khusus. Untuk mengatasinya, cukup gunakan bahan-bahan yang ada rumah.



Beberapa bahan seperti cuka apel dan minyak esensial sudah terbukti mampu membasmi ketombe yang membandel. Selain dua bahan tersebut, masih ada bahan lain yang memiliki manfaat serupa lho.

Berikut lima bahan yang bisa digunakan untuk mengatasi ketombe dan cara menggunakannya, seperti dikutip dari laman Insider.

1. Minyak Esensial
Minyak esensial digunakan sebagai remedy untuk mengatasi permasalahan yang disebabkan oleh jamur dan bakteri karena mengandung antimicrobial. Kandungan tersebut mampu membunuh dan menghilangkan mikroorganisme seperti jamur itu tadi.

Sebuah studi di tahun 2002 yang dipublikasikan di Journal of the American Academy of Dermatology pernah menguji kontrol sampo non-minyak esensial dan 5% sampo minyak esensial terhadap 126 partisipan. Hasilnya, ditemukan bahwa mereka yang menggunakan sampo minyak esensial mampu menghilangkan ketombenya hingga 41%.



Kalau ingin menggunakan minyak esensial ini, Anda sebaiknya tidak mengaplikasikan minyak tersebut dalam bentuk murni (pure) karena dapat menyebabkan iritasi. Cara yang aman adalah, campur beberapa tetes minyak esensial ini ke dalam sampo yang biasa Anda gunakan saat ingin keramas, dan keramaslah seperti biasa.

2. Cuka Apel
Selain dapat dikonsumsi, cuka apel ternyata juga bisa digunakan untuk membasmi ketombe karena kandungannya mampu membunuh jamur dan bakteri penyebab ketombe. Tak hanya itu, cuka apel juga memiliki khasiat mengecilkan pori-pori kulit serta menghilangkan minyak berlebih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1936 seconds (0.1#10.140)