TOPIK TERPOPULER

Tak Perlu Sampo Khusus, 5 Bahan Ini Bisa Singkirkan Ketombe

Titi Sutinah Apridawaty
Tak Perlu Sampo Khusus, 5 Bahan Ini Bisa Singkirkan Ketombe
5 bahan ini bisa menyingkirkan masalah ketombe. Foto: Ilustrasi/Istimewa

JAKARTA - Ketombe mungkin tidak membahayakan maupun menular, tapi persoalan pada kulit kepala itu bisa sangat mengganggu. Bahkan dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang karena ketombe mudah terserak pada baju hitam atau yang berwarna gelap lain. Makanya, masalah ketombe ini harus cepat diatasi.

Tiap orang memiliki tingkat persoalan ketombe yang berbeda-beda. Kalau memang ketombe Anda dirasa masih "ringan", tak perlu menggunakan sampo khusus. Untuk mengatasinya, cukup gunakan bahan-bahan yang ada rumah.

Baca juga: Konsumsi Biji Jambu Bisa Turunkan Berat Badan



Beberapa bahan seperti cuka apel dan minyak esensial sudah terbukti mampu membasmi ketombe yang membandel. Selain dua bahan tersebut, masih ada bahan lain yang memiliki manfaat serupa lho.

Berikut lima bahan yang bisa digunakan untuk mengatasi ketombe dan cara menggunakannya, seperti dikutip dari laman Insider.

1. Minyak Esensial
Minyak esensial digunakan sebagai remedy untuk mengatasi permasalahan yang disebabkan oleh jamur dan bakteri karena mengandung antimicrobial. Kandungan tersebut mampu membunuh dan menghilangkan mikroorganisme seperti jamur itu tadi.

Sebuah studi di tahun 2002 yang dipublikasikan di Journal of the American Academy of Dermatology pernah menguji kontrol sampo non-minyak esensial dan 5% sampo minyak esensial terhadap 126 partisipan. Hasilnya, ditemukan bahwa mereka yang menggunakan sampo minyak esensial mampu menghilangkan ketombenya hingga 41%.

Baca juga:  5 Camilan Malam yang Enak, juga Menyehatkan

Kalau ingin menggunakan minyak esensial ini, Anda sebaiknya tidak mengaplikasikan minyak tersebut dalam bentuk murni (pure) karena dapat menyebabkan iritasi. Cara yang aman adalah, campur beberapa tetes minyak esensial ini ke dalam sampo yang biasa Anda gunakan saat ingin keramas, dan keramaslah seperti biasa.

2. Cuka Apel
Selain dapat dikonsumsi, cuka apel ternyata juga bisa digunakan untuk membasmi ketombe karena kandungannya mampu membunuh jamur dan bakteri penyebab ketombe. Tak hanya itu, cuka apel juga memiliki khasiat mengecilkan pori-pori kulit serta menghilangkan minyak berlebih.

Cara memakainya, sama seperti minyak esensial tadi. Tidak boleh digunakan dalam bentuk murni, melainkan dicampur dengan air lalu oleskan ke kulit kepala, diamkan lima menit, baru setelah itu bilas.

3. Baking Soda
Selain mengandung antijamur, baking soda juga mampu mengeksfoliasi kulit kepala. Dengan begitu kulit kepala menjadi lebih sehat dan terhindar dari ketombe yang menumpuk.

Untuk memakainya, Anda bisa mencampur langsung satu sendok makan baking soda dengan sampo, atau mencampurnya dengan air saja hingga mendapatkan konsistensi bentuk yang diinginkan. Setelah itu, pijat dan balur kulit kepala Anda dengan campuran baking soda tadi, lalu bilas langsung.

Ingat, jangan melakukan cara ini terlalu sering karena baking soda bersifat alkali, dalam arti pH-nya tinggi, sehingga bisa merusak rambut Anda.

4. Minyak Kelapa
Sama seperti bahan-bahan sebelumnya, minyak kelapa juga mengandung zat antijamur. Belum ada riset konkret yang menyatakan minyak kelapa memang mampu mengobati ketombe, tapi minyak tersebut sudah terbukti mengandung zat antijamur.

Selain itu, minyak kelapa juga bisa meredakan peradangan pada kulit kepala. Plus meresap ke akar rambut sehingga rambut menjadi lebih sehat.

Baca juga: Rahasia Kulit Muda Bercahaya dari Serum Hyaluronic Acid

Untuk memakainya, ambil dua sendok makan minyak kelapa dan pijatkan ke kulit kepala Anda dengan jari. Setelah itu diamkan selama 1-2 jam untuk memberi waktu pada minyaknya meresap ke rambut, lalu bersihkan rambut Anda menggunakan sampo. (Baca Juga: 5 Camilan Malam yang Enak, juga Menyehatkan)

5. Lidah Buaya
Tumbuhan lidah buaya dikenal mampu melembabkan kulit. Untuk masalah kulit kepala, gel pada lidah buaya ini dapat menghilangkan rasa gatal pada kulit yang kering. Riset telah menunjukkan kalau lidah buaya mengandung zat antibakteri dan antijamur serta mampu mengurangi ketombe.

Cara menggunakannya, ambil gel lidah buaya lalu aplikasikan pada area kepala yang bermasalah. Setelah itu diamkan dulu selama 30 menit sebelum Anda membilasnya.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!