alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

DPRD Makassar Usul Pembentukan Unit Pelaksana Zakat

Hasdinar Burhan
DPRD Makassar Usul Pembentukan Unit Pelaksana Zakat
Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Rumah Zakat, Infaq, Sedekah, Dana Sosial Keagamaan DPRD Kota Makassar, mengusulkan adanya Unit Pelaksana Zakat (UPZ) kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Makassar.

Hal ini lantaran pemberian zakat tidak tersalurkan dengan baik atau tumpang tindih di tengah masyarakat.

"UPZ tugasnya itu adalah membantu pengelolaan zakat. Pengelolaan zakat ada dua, yaitu penyaluran dan pemungutan. Tapi khusus yang di kelurahan, kenapa kita bentuk UPZ karena kadang biasa zakat itu biasa tumpang tindih penyalurannya, misalnya zakat idul Fitri," ujar Sekretaris Pansus Ranperda, Kamaruddin Olle.

Dikatakan tumpang tindih, kata dia, yakni tidak meratanya zakat yang disalurkan pengelola masjid kepada masyarakat. Sehingga, UPZ hadir untuk melakukan pendataan dan mensinkronkan data yang diperoleh ke masjid-masjid baik di kecamatan hingga kelurahan.

"Sekarang ini ada masyarakat yang mendapatkan zakat, ada yang tidak. Misalnya, di masjid A, yang menerima zakat misalnya 10 orang, nda boleh lagi menerima zakat dari masjid B. Karena itu menyinkronkan sebenarnya program. Supaya lebih bermanfaat. Itulah yang kita mau tertibkan," jelasnya.

Ia mengatakan UPZ memaksimalkan pengelolaan zakat dan akan dibentuk di pemerintahan, instansi swasta, perusahaan-perusahaan dan perusda, hingga ke tingkat kelurahan, tidak terkecuali di Masjid dan juga Mushallah.

"Tugas UPZ itu adalah pemungutan dan penyaluran sebagai perpanjangan tangan dari Baznas. Yang mendata objek pajak dan mendata tujuan pajak. Tujuan pajak kan yakni fakir, miskin, fisabilillah, dan ada beberapa lagi yang sesuai dengan syariat Islam," ungkapnya.

Selain itu, UPZ juga membantu Baznas untuk mensosialisasikan fungsi dan manfaat zakat untuk masyarakat. "Khusus kepada yang mampu membayar zakat, supaya dia termotivasi untuk membayar zakat," jelasnya.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads