alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

November, Transaksi Uang Elektronik Jalan Tol Diwajibkan

Marhawanti Sehe
November, Transaksi Uang Elektronik Jalan Tol Diwajibkan
Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - PT Margautama Nusantara (MUN) bakal memberlakukan sistem transaksi uang elektronik (Unik) bagi pengguna jalan tol Makassar, 10 November mendatang.

Technical and Operational Director PT MUN, Ismail Malliungan mengatakan, rencana itu akan diberlakukan menyusul pemerintah Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan Bank Indonesia (BI) meminta kepada Bosowa Marga Nusantara (BMN) Jalan Tol Seksi Empat (JTSE) untuk mengambil langkah-langkah agar seluruh transaksi pembayaran tol dilakukan dengan uang eletronik.

"Saat ini secara paralel, kami juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat, sehingga pengguna jalan tol dapat mempersiapkan lebih awal," kata dia, Minggu (21/10/2018).

Dengan demikian, untuk mendukung kesuksesan program tersebut, kata Ismail, dibutuhkan peran aktif perbankan dalam meningkatkan fasilitas untuk top up kartu dan penyediaan kartu perdana.

"Tentu butuh peran serta semua pihak, terutama perbankan untuk penyediaan  fasilitas top up yang lebih luas. Pengguna jalan selama ini masih mengeluhkan kesiapan top up di Mini market yang masih sering bermasalah," ungkap Ismail.

Tidak hanya itu, Ismail mengaku untuk menyukseskan program gerakan nasional non tunai tersebut, BMN JTSE telah melengkapi infrastruktur pembayaran menggunakan unik di tol sejak tahun lalu. Dia berharap di akhir bulan Oktober ini, pengguna unik meningkat hingga 60%.

"Mesin untuk transaksi pembayaran UNIK sudah siap 100 % sejak tahun lalu. Tatget (Oktober) 60% dan sebelum 10 November dapat terus meningkat sehingga hari H 10 November tidak ada kendala yang berarti," kuncinya.

Saat ini diketahui, transaksi menggunakan uang elektronik di jalan tol Makassar masih sekitar 55%. Angka tersebut masih tergolong rendah apalagi jika dibandingkan dengan kota lainnya yang telah mencapai 100%.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads