alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bupati Optimistis Gowa Jadi Kabupaten Bersih Tanpa Kumuh

Herni Amir
Bupati Optimistis Gowa Jadi Kabupaten Bersih Tanpa Kumuh
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan hadiri Jambore One Day di Danau Mawang, Kelurahan Mawang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Minggu (21/10/2018). Foto : Istimewa

SUNGGUMINASA - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menargetkan Kabupaten Gowa menjadi kawasan bersih tanpa kumuh di 2019 mendatang.

Sebagai upaya mewujudkannya, kegiatan pembangunan infrastruktur skala lingkungan terus dilakukan. Seperti program kota tanpa kumuh (Kotaku) yang dikelola Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Gowa.

"Dalam kesempatan ini saya mengajak komunitas-komunitas menjadi agen perubahan dan berkomitmen dengan pemerintah menuju Gowa bersih dan Gowa menjadi Kota tanpa kumuh," ajak Adnan, Minggu (21/10/2018).

Menurutnya, penanganan permukiman kumuh menjadi tantangan yang rumit bagi pemerintah kota dan kabupaten. Karena selain merupakan masalah, di sisi lain menjadi salah satu pilar penyangga perekonomian daerah.

Karena itu telah dianggarkan dana yang cukup besar. Untuk tahun anggaran 2018 Kabupaten Gowa mendapat alokasi DIPA sebesar Rp11,55 miliar yang tersebar pada 10 kelurahan dengan progres fisik sebesar 82%.

Sementara untuk realisasi dana kolaborasi yang bersumber dari APBD I dan APBD II serta pihak swasta dan swadaya masyarakat selama tahun 2018 adalah sebesar Rp 6,11 miliar.

"kita berharap program ini terus berkelanjutan,"ucapnya.

Sedangkan pengembangan kapasitas di tingkat masyarakat, BKM bersama aparat lurah dan KSM/KPP pada masing-masing kelurahan se-Kecamatan Somba Opu mendapat dana Pengembangan Kapasitas Masyarakat sebesar Rp 140 juta dimana Kabupaten Gowa berada pada posisi pertama dengan progres penyerapan dana sebesar Rp121 juta atau 86 persen.

Posisi Kabupaten Gowa saat ini berada di atas progres Provinsi Sulawesi Selatan yang baru mencapai 60 persen dari 14 kota/kabupaten lokasi intervensi Program Kotaku.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads