alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Puluhan Ribu Sapi di Kabupaten Sinjai Diberi Asuransi

Irman Bagoseng
Puluhan Ribu Sapi di Kabupaten Sinjai Diberi Asuransi
Ilustrasi/SINDOnews

SINJAI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai jalin kerjasama dengan PT Asuransi Jasindo dalam rangka memberi asuransi kepada ternak sapi di Kabupaten Sinjai di tahun 2019 mendatang.

Nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) ditandatangani langsung oleh Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista di kegiatan Expo Literasi dan Inklusi Keuangan Industri Jasa Keuangan Sulawesi Selatan, di Anjungan City of Makassar, Sabtu (20/10/2018), baru-baru ini.

Kerjasama ini diketahui tentang Percepatan Program Asuransi Usaha Ternak Sapi. Dengan penandatanganan tersebut, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai akan mengalokasikan APBD untuk asuransi 10 ribu Sapi di Sinjai pada tahun 2019.

"Jadi para peternak sapi kali ini tidak lagi harus memikirkan akan ancaman rugi, biasanya ancaman kerugian itu akibat dari kematian, penyakit, melahirkan, kecelakaan atau kehilangan dari ternak itu sendiri. Namun kini Jasindo siap memberikan uang pengganti Rp. 10 juta per ekor," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sinjai, Aminuddin Zainuddin, Minggu (21/10/2018).

Dia menuturkan, polis asuransi tersebut bisa dijadikan jaminan untuk kredit usaha di Bank Sulselbar. Sehingga peternak mendapatkan pinjaman dana untuk pengembangan sapi.

Kegiatan ini diketahui merupakan salah satu dari program 100 hari Bupati dan Wakil Bupati Sinjai. Nantinya, kata dia, peternak tak lagi dibebani pembayaran iuran.

"Sebelumnya peternak harus membayar Rp200 ribu/ekor pertahun. Dimana selama ini Rp160 ribu dibayar oleh pemerintah pusat dan sisanya Rp40 ribu dibayar oleh peternak. Namun tahun 2019 peternak tidak dipungut biaya karena iuran, akan ditanggung Pemkab Sinjai. Asuransi ternak ini hanya diperuntukkan bagi sapi betina yang belum didaftarkan sebagai peserta asuransi dan inseminasi buatan," jelas Aminuddin.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads