alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hindari Kerusakan Kotak Suara, Gudang KPU Harus Kering

Luqman Zainuddin
Hindari Kerusakan Kotak Suara, Gudang KPU Harus Kering
Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Kotak suara yang akan digunakan di Pemilu 2019 mendatang berbahan dasar kardus. Untuk menghindari kerusakan, gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) diharap harus kering dan tidak mudah lembab.

KPU Sulsel telah melakukan pemantauan gudang-gudang KPU kota/kabupaten. Sebagian gudang sudah siap meski masih ada yang masih melakukan perbaikan.

"Sebagian sudah seperti itu (siap), karena belum sempat kami pantau semua. Tapi ada yang kami ragukan, dan gudang itu perlu dilakukan perbaikan. Seperti di Pinrang. Ada beberapa bagian yang harus dibenahi. Bantaeng juga," sebut Komisioner Divisi Logistik KPU Sulsel, Syarifuddin Jurdi, Minggu (21/10/2018).

Selain memantau langsung, pihaknya juga meminta laporan dari KPU setempat yang berbentuk visual dari gudang tersebut. Jika kondisi gudang tidak memungkinkan untuk dibenahi, maka disarankan untuk menyewa gudang.

"Karena mempertimbangkan masa waktu penyimpanan (logistik) yang cukup lama dan kita akan menghadapi musim hujan jadi memang yang menjadi pertimbangan adalah kondisi gudangnya," pungkas Jurdi.

Untuk diketahui, pendistribusian kotak suara ke Sulsel dijadwalkan akan berlangsung pakan depan. KPU Sulsel pun saat ini masih menunggu respon KPU RI mengenai permintaan untuk menggunakan bekas kotak dan bilik suara Pilkada serentak yang terbuat dari aluminium.

Sebab, ada daerah ekstrem yang rawan merusak logistik dari kardus, seperti di wilayah kepulauan dan pegunungan.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads