5 Langkah Mengatasi Bibir Pecah Saat Puasa

Minggu, 03 Mei 2020 - 16:24 WIB
loading...
5 Langkah Mengatasi Bibir Pecah Saat Puasa
Kulit pada bibir merupakan bagian yang paling tipis, sehingga menyebabkan bibir lebih cepat kering daripada kulit pada bagian tubuh lain. Foto: Ilustrasi/Mirror.co.uk
A A A
JAKARTA - Selama bulan Ramadhan, bibir pecah kerap menjadi persoalan muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa. Bibir pecah-pecah biasanya disebabkan oleh dehidrasi dan kekeringan pada lingkungan.

Kulit pada bibir merupakan bagian yang paling tipis, sehingga menyebabkan bibir lebih cepat kering daripada kulit pada bagian tubuh lain. Dalam banyak kasus, bibir menjadi sangat pecah-pecah bahkan mulai berdarah.

Untuk mengatasi hal ini, seseorang cenderung mencoba untuk melembabkan bibir dengan cara menjilatinya terus-menerus. Tapi, kebiasaan tersebut hanya akan memperburuk masalah karena air liur menguap dan membuat bibir lebih kering.


Meskipun tidak ada obat instan untuk bibir pecah-pecah, berikut adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk membuat bibir halus dan lembut selama puasa Ramadhan, seperti dikutip dari laman Pink Villa.

1. Pakai Sun Protection Factor (SPF)
Saat ingin memakai lip balm, pilih yang mengandung SPF di dalamnya. Bibir juga bisa terbakar matahari dengan terlalu banyak terpapar sinar UV sehingga meradang. Cara terbaik untuk mengatasi ini adalah dengan SPF.

2. Gunakan Scrub Bibir
Cara termudah untuk menghilangkan kulit kering adalah dengan menggunakan scrub bibir seminggu sekali. Sangat mudah untuk menyiapkannya di rumah, yaitu hanya dengan gula dan madu. Gosok bagian kulit yang kering, lalu lapisi dengan lapisan tebal lip balm untuk mengembalikan kondisi kulit bibir.

3. Jangan Mencabut Kulit Bibir
Sangat menggoda untuk mencabut dan mengupas kulit kering pada bibir. Tapi, ini hanya akan menyebabkan kulit terpapar dan bahkan berdarah dalam kasus tertentu. Ketimbang mencabutnya, oleskan saja lapisan petroleum jelly atau madu untuk menenangkan bibir.

4. Tutup Mulut
Jika Anda memiliki kulit kering alami, pastikan untuk menutup mulut dan melindunginya sehingga tidak dibiarkan terbuka. Dalam suhu yang sangat panas atau sangat dingin, gunakan syal untuk menutupi mulut sekaligus melindungi bibir Anda.

5. Jangan Gunakan Lip Balm Beraroma
Meskipun Anda mungkin tergoda untuk memilih lip balm beraroma favorit, namun yang terbaik adalah tidak menggunakannya. Bahan buatan dapat menyebabkan bibir sensitif mengering dengan mudah sehingga menyebabkan bibir pecah-pecah atau bahkan alergi.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1645 seconds (0.1#10.140)