Lima Unit Truk Sampah Compactor Makassar Mulai Beroperasi

Senin, 07 September 2020 - 22:31 WIB
loading...
Lima Unit Truk Sampah Compactor Makassar Mulai Beroperasi
Truk Sampah Compactor mulai beroperasi di Makassar. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Sebanyak lima unit truk sampah compactor Pemkot Makassar resmi mulai beroperasi. Hal itu ditandai saat Penjabat Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin menggelar pencanangan lima truk tersebut di Lapangan Pasar Hobi Toddopuli, Senin (7/9/2020).

Rudy mengatakan, lima truk sampah compactor diberikan ke lima kacamatan sebagai percontohan. Diantaranya Kacamatan Ujung Pandang, Tamalate, Wajo, Mariso, dan Makassar .



"Jadi lima truk percontohan ini sudah mulai operasi. Tahun ini kita kembali anggarkan untuk penambahan 20 unit. Tahun depan kita anggarkan untuk 40 unit lagi," kata Rudy di hadapan 15 camat yang hadir.

Rudy menjelaskan, truk sampah compactor lebih efektif dan efisien dari pada pada truk sampah yang digunakan sebelumnya. Mengingat, daya angkut truk sampah compactor yaitu 1:3 atau bisa tiga kali lebih banyak dari truk konvensional. Sebab, truk ini sudah menggunakan sistem press yang dapat memadatkan sampah yang dimuat.

"Para petugas juga tidak kelelahan lagi dalam memindahkan sampah ke TPA. Kalau sebelumnyakan sistem manual, dicangkul yang memakan waktu. Kalau truk ini, sudah sistem dorong. Jadi dari segi kesehatan juga terjamin. Kedepannya juga, tidak ada lagi kita melihat truk-truk antri di TPA karena proses pemindahan sampahnya," katanya.

Selain itu, Rudy juga melakukan pemantauan kepada truk-truk sampah konvesional yang bakal diganti. Rencananya truk sampat tersebut direvitalisasi menjadi bus wisata gratis yang dicanangkan Rudy untuk area Anjungan Pantai Losari.

Baca Juga: Kopel Nilai Kinerja DPRD Makassar Menurun
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2515 seconds (0.1#10.140)