alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dugaan Pelanggaran KPU Jeneponto Akan Disidang Pemeriksaan

Luqman Zainuddin
Dugaan Pelanggaran KPU Jeneponto Akan Disidang Pemeriksaan
Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel menggelar sidang pendahuluan dugaan pelanggaran administrasi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jeneponto, Jumat (26/10/2018).

KPU Jeneponto diduga meloloskan dua calon peserta Pemilihan Legistatif (Pileg) 2019 DPRD setempat yang tidak memenuhi syarat (TMS) menyusul aduan yang diterima Bawaslu Sulsel, belum lama ini.

Komisioner Divisi Penindakan Bawaslu Sulsel, Azry Yusuf mengatakan, pada sidang kali ini pihak majelis pemeriksa memutuskan untuk menaikkan status kasus dugaan pelanggaran pemilu itu ke sidang pemeriksaan.



"Tadi, kita baru saja membacakan putusan pendahuluan, yang menyatakan bahwa temuan atau laporan dugaan pelanggaran administrasi, diterima karena memenuhi syarat formil dan materil, dan kita lanjutkan untuk meningkatkan ke pemeriksaan, dengan agenda pembacaan jawaban terlapor (KPU Jeneponto)," akunya ditemui di Sekretariat Bawaslu Sulsel.

Sidang pemeriksaan kata dia, direncanakan akan berlangsung Kamis (1/11/2018) pekan depan.

Azry menjelaskan, jika dalam laporan terlapor, KPU diduga melakukan pelanggaran administrasi karena dianggap menyimpang dari PKPU ketentuan pencalonan. Versi terlapor kata Azry, dua orang Caleg tersebut, disebut tidak memenuhi syarat.

"Tapi kan nanti kita lihat dalam pemeriksaan. Apakah betul tidak memenuhi syarat?," katanya.

Informasi yang dihimpun SINDOnews, dua caleh TMS itu diketahui berasal PKPI dan PPP). Mereka diketahui masih menjabat Kepala Urusan (KAUR) Umum di desa yang ada di Jeneponto.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook