43 Pasien COVID-19 KM Lambelu Dilaporkan Sembuh

Minggu, 03 Mei 2020 - 21:54 WIB
loading...
43 Pasien COVID-19 KM Lambelu Dilaporkan Sembuh
Proses evakuasi pasien positif COVID-19 di KM Lambelu untuk dibawa ke RSK Dadi. Foto: Dokumentasi Otoritas Pelabuhan
A A A
MAKASSAR - Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Makassar, Darmawali Handoko menyebutkan, sebanyak 43 pasien positif COVID-19 Kapal Motor Lambelu dilaporkan telah sembuh.

"Iya, sudah ada. Sudah 43 yang sembuh," sebut Darmawali Handoko yang dikonfirmasi SINDOnews, Minggu (3/5/2020) malam tadi.

Pria yang akrab disapa Koko ini melanjutkan, mereka yang dinyatakan sembuh tidak lagi menjalani isolasi. Hanya saja tindak lanjut penanganannya, diserahkan kepada pihak Pelni. Entah akan dipulangkan, atau ditampung di tempat terpisah di luar kapal.

"Isolasi itu yang sakit, kalau sembuh tidak ada gejala, karantina mandiri untuk pemulihan. Selanjutnya diserahkan kepada Pelni, bisa di pulangkan atau ditampung sebelum adanya pelayaran kembali," sambungnya.



Sebelumnya dilaporkan, ada total 151 awak kapal dan mitra PT Pelni di atas KM Lambelu. Mereka semua sebelumnya telah menjalani pemeriksaan swab uji COVID-19 dengan hasil laboratorium menyatakan, 92 di antaranya terkonfirmasi positif. Lalu 59 orang lainnya berstatus negatif.

"Rencana akan menurunkan lagi yang masih positif dari kapal ke RS. Di RS rujukan yang sekarang 20 (pasien positif yang dirawat), rata-rata menunggu (pemeriksaan) dua kali swab negatif (sebelum dinyatakan sembuh)," tutur Koko.

Sementara awak kapal dan mitra Pelni yang dinyatakan negatif sebelumnya sudah menjalani masa karantina mandiri 14 hari di kapal. Namun demikian, juga masih menunggu penanganan tindak lanjut.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1263 seconds (0.1#10.140)