alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Potensi Bencana Tsunami dan Likuifaksi di Makassar Relatif Aman

Hasdinar Burhan
Potensi Bencana Tsunami dan Likuifaksi di Makassar Relatif Aman
Bangunan rumah yang ada di Makassar. Foto: Muchtamir Zaide/SINDOnews

MAKASSAR - Potensi bencana alam seperti gempa, tsunami dan likuifaksi di Kota Makassar secara ilmiah tergolong sangat kecil.

Hal itu terungkap pada Seminar dan Talkshow bertajuk "Potensi & Mitigasi Bencana Alam Geologi Sulawesi" yang digelar PT GMTD di Hotel Gammara.

Ahli Geologi Universitas Hasanuddin yang juga selaku Kepala Puslitbang Studi Kebencanaan Unhas, Adi Maulana, mengatakan, Pulau Sulawesi masuk dalam lingkaran cicin api dan dilalui 3 lempeng besar sehingga membuat pulau ini masuk dalam wilayah paling rawan gempa.



"Namun, khusus kota Makassar, wilayah ini dianggap aman dari Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng). Makassar relatif safe. Saya bisa jamin secara scientific namun kita harus tetap waspada," ungkapnya.

Hal senada dikatakan Koordinator Gempa Bumi BMKG Wilayah IV Makassar, R Jamroni, Kota Makassar dikatakan kota yang aman terjadinya gempa bumi berkekuatan besar dan likuifaksi.

Menurutnya, Kota Makassar ini batuan dibawanya cukup kuat dan aman dari likuifaksi. Namun potensi itu ada sehingga perlu untuk diwaspadai.

Lebih jauh di jelaskan, Nurhidayat dari BPBD Kota Makassar, meski Kota Makassar relatif aman, namun perlu adanya tindakan mitigasi dan pencegahan.

"Edukasi terhadap mitigasi bencana tetap perlu kita galakkan. Jangan ada bencana baru kelabakan karena tidak tahu cara menanganinya seperti apa?" ungkapnya.

Public Relation PT GMTD Hasrul, menambahkan, "Kegiatan ini perlu diketahui masyarakat luas, olehnya itu kami gelar seminar dan talkshownya. Ini diharapkan memberikan edukasi ke masyarakat cara tindakan penyelamatan saat ada bencana. Dimana kita juga perlu mengetahui jalur-jalur evakuasi," ungkapnya.

Sementara itu, menurut Hasrul, acara seminar ini diikuti media cetak, online dan elektronik se Kota Makassar. Dan dipandu oleh salah satu Jurnalis Senior di Kota Makassar, Abdullah Rattingan.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook