alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pembangunan Ruko di Sekitar New Makassar Mall Tunggu Investor

Vivi Riski Indriani
Pembangunan Ruko di Sekitar New Makassar Mall Tunggu Investor
Para pedagang masih mendirikan tenda di sebelah barat New Makassar Mall, padahal nanti akan dibangun ruko. Foto: Muchtamir Zaide/SINDOnews

MAKASSAR - Rencana pembangunan ruko di Jalan HOS Cokroaminoto hingga saat ini belum juga terealisasi. Selain terkendala lapak pedagang yang masih berada di lahan sebelah Barat New Makassar Mall, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar hingga saat ini masih menunggu investor.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto menegaskan, bahwa pembangunan ruko baru tidak akan membebani anggaran memerintah daerah.

Menurutnya, pemkot akan berupaya akan pembangunan ruko itu, murni melalui sistem investasi. “Ini (ruko) kita tidak akan pakai APBD, jadi murni investasi. Tapi, kita belum ada (investor), karena itu ditender," kata Danny.



Dia mengaku sengaja tidak menawarkan proyek tersebut pada saat forum investasi beberapa negara dan kepala daerah se-Indonesia, beberapa waktu lalu.

Alasannya, proyek investasi ini di bawah Rp1 triliun, sementara sepuluh mimpi yang dipaparkan pada saat forum rata-rata di atas Rp1 triliun.

Dia bahkan belum mau membeberkan kapan desain proyek tersebut bakal di launching. "Nanti kita lihat tindak lanjutnya seperti apa," singkatnya.

Terpisah, Penjabat Sekkot Makassar, Naisya Tun Azikin mengatakan, bahwa pihaknya akan mengosongkan lahan yang berada di sebelah Barat New Makassar Mall.

"Tenda yang ada disitu akan dibersihkan oleh PD Pasar. Jadi, kita mau pagar supaya tidak ada lagi yang berjualan di tempat itu," ucapnya.

Apalagi, kata Naisya, pemkot bakal membangun ruko di lahan tersebut. Makanya itu, dia berharap agar pedagang bisa segera masuk di New Makassar Mall.

"Bagaimana mau dibangun kalau pedagang masih ada di sana. Jadi, kita butuh pengertian teman-teman pedagang yang belum masuk ke pasar untuk segera masuk," harapnya.

Dia menyebutkan belum bisa melakukan proses lelang lantaran belum mengetahui secara persis bagaimana desainnya.

“Nantikan kalau lelang investor itukan dibuat dulu gambarnya dan dilelang, ada investor yang mau datang membangun dan mengelolah nanti seperti itu konsepnya. Kalau desainny, tanya pak wali beliau yang lebih tahu," jelasnya.

Hingga saat ini, pemerintah belum juga melakukan eksekusi. Padahal, melalui PD Pasar Makassar Raya telah mengeluarkan surat imbauan sebanyak dua kali kepada pedagang.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook