Pasar Kampung Baru akan Disulap Jadi Tempat Kumpul Kaum Milenial

Kamis, 10 September 2020 - 06:36 WIB
loading...
Pasar Kampung Baru akan Disulap Jadi Tempat Kumpul Kaum Milenial
Pasar Kampung Baru yang terletak di Jalan Pattimura, Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar akan disulap menjadi tempat nongkrong kaum milenial. Foto : Istimewa/Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Pasar Kampung Baru yang terletak di Jalan Pattimura, Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar akan dirombak total. Perusahaan Daerah (PD) Pasar Makassar Raya telah menyiapkan konsep yang lebih modern agar pasar tersebut menjadi tempat kumpul kaum milenial. Baca : Window Of Makassar akan Ganti Sombere and Smart Galery

Rencananya, Pasar Kampung Baru akan dijadikan kawasan wisata pasar modern bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulsel dan Kota Makassar. Kawasan ini akan disulap menjadi pusat oleh-oleh khas Kota Makassar.

"Jadi disana nanti ada pusat jajanan tradisional. Pusat oleh-oleh. Perencanaannya kita diatas itu (rooftop) untuk mengakomodir teman-teman kaum milenial," kata Dirut PD Pasar Makassar Raya, Basdir , kemarin.

Menurut Basdir, lokasi pasar ini sangat strategis untuk dijadikan kawasan pusat oleh-oleh. Selain berada di pusat kota, pasar ini juga dekat dengan sejumlah objek wisata. Salah satunya, ikon Kota Makassar Anjungan Pantai Losari.

Berbagai upaya telah dilakukan PD Pasar Makassar Raya untuk bisa merubah perwajahan Pasar Kampung Baru. Salah satunya melakukan pengukuran batas wilayah mengingat pasar tersebut masih dikelola pihak ketiga.

"Kita juga akan mentaksasi kekuatan bangunannya. Kalau menurut ahli bangunannya masih kuat maka kita tinggal lakukan pembenahan," ujarnya.

Jika dinilai tidak layak, maka bangunan yang lama akan dirobohkan dan dibangun baru. Hanya saja pembangunannya membutuhkan anggaran yang cukup besar. Meski begitu, pihaknya telah menyiapkan dua skema. Baca Juga : Besok, Pejabat Pemkot Makassar Mulai Lakukan Swab Test

Diantaranya, kerjasama dengan pihak ketiga atau penyerataan modal dari Pemkot Makassar selaku pemilik perusahaan. Namun, jika pembangunannya kerjasama dengan investor maka pihaknya tidak ingin jika pengelolaannya nanti diambilalih pihak ketiga.

"Skema kita biarkan ada pihak lain yang membantu tapi dalam hal pengelolaannya harus tetap kami kelola. Kalau investor tidak mau maka tidak usah," tegasnya.

Terpisah, Dirops PD Pasar Makassar Raya, Saharuddin mengatakan masih menunggu Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk melakukan pengukuran batas wilayah. Pasalnya saat ini, Pasar Kampung Baru masih dikelola pihak ketiga. "Pengukuran ini hanya untuk mengetahui aset lahan kita tidak berubah," ujarnya.

Kata Sahar, kontrak kerjasama dengan pihak ketiga terkait pengelolaan Pasar Kampung Baru masih ada enam tahun. Hanya saja, pihak ketiga sudah bersedia menyerahkan secara sukarela pengelolaan pasar itu ke Pemkot Makassar . "Tapi penyerahan ini didahului dulu dengan pengukuran batas wilayah,"jelasnya. Baca Lagi : Konsep Revitalisasi Pasar Senggol Lebih Modern dan Tertata
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)