alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kuasa Hukum Pedagang Pasar Sentral Gugat PT MTIR ke Pengadilan

Vivi Riski Indriani
Kuasa Hukum Pedagang Pasar Sentral Gugat PT MTIR ke Pengadilan
New Makassar Mal. Foto : Dok/SINDOnews

MAKASSAR - Kuasa hukum Aliansi Pedagang Makassar Mal (ALPMM) melayangkan somasi ke pihak pengelola New Makassar Mal (NMM) PT Melati Tunggal Inti Raya (MTIR), baru-baru ini.

Dalam somasi tersebut, PT MTIR diminta agar segera menyepakati harga lods di NMM berdasarkan surat keputusan yang diterbitkan PD Pasar Makassar Raya pada 2017 lalu, senilai Rp42,18 juta per meter.

"Kita lakukan somasi karena persoalan harga yang semakin berlarut-larut dan tidak ada penetapan harga antara pedagang dengan PT MTIR, sehingga kita melayangkan somasi," ungkap salah satu anggota Tim Kuasa Hukum ALPMM, Fadli, Jumat (02/11/2018).



Menurut dia, penetapan harga sepihak oleh PT MTIR merupakan perbuatan melawan hukum yang sangat tidak objektif dan rasional. Pasalnya, pihak MTIR memberikan harga lapak kepada para pedagang di luar SK yang telah dikeluarkan PD Pasar, yaitu mencapai ratusan juta rupiah per meter.

Apalagi, kata Fadli, para pedagang merupakan pemilik sah lahan lantaran mengantongi sertifikat hak milik satuan rumah susun berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2011.

"Harga inikan pernah ditetapkan oleh PD Pasar Rp42,158 juta per meter, tapi faktanya PT MTIR itu mengeluarkan harga yang semena-mena Rp100 juta lebih per meter, makanya sampai hari ini para pedagang tidak sepakat dengan harga itu," ungkapnya.

Berdasarkan hal itu, Tim Kuasa Hukum ALPMM mengaku memiliki dasar yang kuat untuk menggugat PT MTIR ke Pengadilan Negeri (PN) Makassar. Rencananya baru akan dilayangkan pekan depan.

"Pekan depan kita mengajukan gugatan ke pengadilan, materinya sementara kita siapkan," singkatnya.

Diketahui Erwin Kallo merupakan kuasa hukum dari ALPMM.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads