Belum Ada Sekolah yang Ajukan Permohonan Pembelajaran Tatap Muka ke Disdik

Sabtu, 12 September 2020 - 07:02 WIB
loading...
Belum Ada Sekolah yang Ajukan Permohonan Pembelajaran Tatap Muka ke Disdik
Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel masih menunggu permohonan dari sekolah untuk melakukan pembelajaran tatap muka. Foto : SINDOnews/Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel masih menunggu permohonan dari sekolah untuk melakukan p embelajaran tatap muka . Hingga saat ini belum ada sekolah di bawah naungan Disdik yang mengajukan permohonan tersebut. Baca : Khawatir Muncul Klaster Baru, Pemkot Belum Buka Sekolah Tatap Muka

"Sampai sekarang belum ada sekolah yang mengajukan permohonan tentang kesiapannya sesuai standar protokol kesehatan SK bersama empat menteri,"ungkap Kepala Disdik Sulsel, Muhammad Jufri kepada SINDOnews.

Dia mengaku, pelaksanaan pembelajaran tatap muka di tengah pandemi tergantung dari pihak sekolah masing-masing. Pihaknya memberi peluang bagi tiap sekolah untuk mempersiapkan diri. Kendati begitu, ada syarat yang mesti dipenuhi sekolah sebelum memulai pembelajaran tatap muka . Hal sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh pusat, melalui surat keputusan bersama (SKB) empat menteri tentang pembukaan sekolah.

Berdasarkan SKB empat menteri itu, pembukaan sekolah tatap muka secara bertahap dibolehkan di daerah zona hijau dan kuning. Selain itu, skenario ini baru bisa dilakukan, salah satunya jika adanya kesiapan terkait protokol kesehatan yang ketat.

Ditekankan pula harus melalui izin orang tua atau persetujuan komite sekolah, termasuk ke pemerintah daerah. Kata Jufri, bagi sekolah yang sudah mengajukan permohonan, akan kembali diverifikasi lapangan terkait kesiapannya untuk ditinjau. Baca Juga :

"Kita sebenarnya mengarahkan kalau ada daerah atau sekolah yang memang merasa mampu, dengan protokol kesehatan standar, dipersilahkan mengajukan permohonan ke kita. Kemudian nanti akan kita verifikasi untuk datang ke sekolah tersebut," papar Jufri.

Diketahui, masa belajar di rumah pada satuan pendidikan di Sulsel kembali diperpanjang. Dalam surat edaran bernomor: 443.2/5637/ Disdik itu masa belajar di rumah untuk semua jenjang pendidikan di Sulsel kembali diperpanjang mulai tanggal 7 hingga 19 September mendatang. Baca Juga : Masa Belajar di Rumah Diperpanjang Hingga 19 September

Hanya saja, aturan ini bersifat fleksibel sebagaimana yang ditekankan dalam edaran itu. Artinya, masa belajar di rumah mengikuti situasi, kondisi, dan kesiapan daerah untuk kemudian bisa menyelenggarakan pembelajaran tatap muka.

Terpisah, Sekretaris Disdik Sulsel, Hery Sumiharto menuturkan, pembelajaran tatap muka sangat tergantung dari kesiapan sekolah di tiap daerah. Selain penyiapan infrastruktur protokol kesehatan, izin dari orang tua (ortu) juga ditekankan menjadi salah satu syarat yang mesti dipenuhi sekolah.

"Cuma kan kita kembali ingatkan, sampai sejauh mana persiapan satuan pendidikan terkait itu semua. Utamanya harus ada izin orang tua siswa. Disamping siapkan prasarana, dan sosialisasi," tandas Hery. Baca Lagi : Gubernur Beri Peluang, Sekolah Tatap Muka Boleh Dilakukan
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1676 seconds (0.1#10.140)