alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kesaksian Kades Kuatkan Pelanggaran Administrasi KPU Jeneponto

Luqman Zainuddin
Kesaksian Kades Kuatkan Pelanggaran Administrasi KPU Jeneponto
Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Pelanggaran administrasi yang diduga dilakukan KPU Kabupaten Jeneponto menguat. Keterangan Kepala Desa Borong Tala yang menjadi saksi menguatkan pelanggaran tersebut.

"Saya tahu kalau dia mau maju sebagai Caleg (calon anggota legislatif) melalui media sosial dan (laporan) mayarakat. Jadi saya menyurat ke KPU dan tembuskan ke Bawaslu kalau tidak salah tanggal 15 September," ungkap saksi pada sidang dugaan pelanggaran administrasi di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel, Jumat (02/11/2018).

Menurut Ruhardi, selain menyurat untuk memberitahukan jika salah caleg merupakan stafnya, Ia juga mengaku mendatangi KPU Kabupaten Jeneponto. Namun, tak menemui satu orang komisioner pun. Ia kemudian memberikan penyampaian lisan kepada staf Bawaslu.



Sebelumnya dua orang caleg berasal dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) diketahui menjabat sebagai Kepala Urusan (KAUR) Umum di desa Borong Tala.

Merujuk pada Peraturan KPU (PKPU) RI Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Pencalonan Anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota. Seharusnya aparatur desa dan unsur penyelenggaraan Pemdes harus mundur dari posisinya saat maju sebagai caleg.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Jeneponto, Saiful menuturkan berharap majelis pemeriksa menerima tuntutan mereka yakni menyatakan KPU Jeneponto melakukan pelanggaran administratif serta segera mendiskualifikasi caleg tersebut.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads