Warga dan ASN di Bone Ramai-ramai Ikut Tes Swab Massal

Sabtu, 12 September 2020 - 19:46 WIB
loading...
Warga dan ASN di Bone Ramai-ramai Ikut Tes Swab Massal
Warga di Kabupaten Bone rama-ramai mengikuti tes swab untuk mencegah COVID-19. Foto: iNews/Bulan Sri Indra Maya
A A A
BONE - Sejumlah warga dan aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) mengikuti tes swab . Upaya ini dilakukan karena angka kasus COVID-19 di daerah tersebut mengalami lonjakan.

Tes swab yang berlangsung di rumah singgah Tim Percepatan dan Pencegahan COVID-19 , Kelurahan Bajoe, Kecamatan Tanete Riattang. Mobil PCR milik Pemerintah Provinsi Sulsel disiapkan di lokasi.



Petugas PCR dari Tim PCR Provinsi Sulsel, Ikhsan mengatakan, telah memeriksa puluhan orang. Hasilnya dapat dikatahui lebih cepat dengan adanya fasilitas mobil dari Pemerintah Provinsi Sulsel ini.

"Hasilnya bisa langsung diketahui 90 menit untuk 16 sampel," kata Ikhsan di Kabupaten Bone, Sulsel, Jumat (11/9/2020).

Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Bone , dr Yusuf mengatakan, adanya fasilitas mobil PCR ini membuat tim medis lebih cepat memperoleh hasil tes swab warga yang menjalani pemeriksaan.

"Semua sampel yang kita ambil, bisa selesai kurang lebih hanya empat jam," ujar dia.

Biasanya tim harus mengirimkan sampel ke Kabupaten Soppeng terlebih dahulu dan menunggu beberapa hari untuk mengetahui hasil tes swab warga. Dengan begitu, tim bisa melalukan tindakan segera bila ada pasien terkonfirmasi positif.

Saat ini secara kumulatif ada 104 kasus COVID-19 di Kabupaten Bone. Namun 56 orang dinyatakan sembuh, sisanya masih menjalani perawatan intensif dan karantina.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2473 seconds (0.1#10.140)