Jalan Metro Tanjung Bunga Akan Jadi Jalan Terlebar di Indonesia

Minggu, 13 September 2020 - 12:20 WIB
loading...
Jalan Metro Tanjung Bunga Akan Jadi Jalan Terlebar di Indonesia
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah pada acara pematokan lahan Pelebaran Jalan Metro Tanjung Bunga, Minggu (13/9/2020). Foto: Humas Pemprov Sulsel
A A A
MAKASSAR - Gubernur Sulsel , HM Nurdin Abdullah menyatakan bahwa pelebaran Jalan Metro Tanjung Bunga jika rampung, bakal menjadi jalan terlebar di Indonesia.

Jalan ini akan dibangun sepanjang 6 Km dengan lebar 50 meter. Dengan konsep pedestrian memiliki fasilitas jalur cepat dan jalur lambat, pedestrian, ruang terbuka hijau, jembatan penyebrangan, penataan pedagang kaki lima dan serta penerangan jalan.



Jalan ini akan menjadi jalan dengan intensitas transportasi tinggi di Kota Makassar dan menjadi penghubung berbagai titik pertumbuhan ekonomi kota.

"Ini menjadi landmark baru Kota Makassar, mungkin ini menjadi satu-satunya jalan terlebar dengan fasilitas yang lengkap. Ada jalur lambat, jalur cepat dan ada pedestrian, ada lagi amfiteater," kata Nurdin Abdullah pada acara pematokan lahan Pelebaran Jalan Metro Tanjung Bunga, Minggu (13/9/2020).

Penjabat Wali Kota Makassar , Rudy Djamaluddin menyebutkan, jalan ini akan lebih lebar dari Jalan Jendral Sudirman di Jakarta yang merupakan jalan utama di Ibu Kota Negara.

"Pelebaran Jalan Metro ini insyaallah akan memiliki lebar 50 meter. Mungkin ini adalah jalan terlebar, bahkan di Indonesia. Karena Jalan Jendral Sudirman yang terlebar di Jakarta itu lebarnya cuma 40an meter," jelasnya.

Jalan ini nanti bukan hanya menjadi ikon Kota Makassar, tetapi menjadi landmark baru bagi penataan suatu kawasan di Indonesia.



"Itu yang kita harapkan. Oleh karena itu mari kita semua mendukung. Mari kita berdoa demi kesuksesan pekerjaan ini," harapnya.

Ia mengimbuhkan, kontraktor pelaksana akan segera ditetapkan dengan pagu anggaran tahap satu sebesar Rp127 miliar.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1723 seconds (0.1#10.140)